by

Dipastikan Hoax, Informasi Harga Tiket Pesawat ke Purbalingga di Facebook

-kriminal, Update-dibaca 7.53Rb kali | Dibagikan 51 Kali

Unggahan harga tiket penerbangan dari Jakarta-Purbalingga di platform media sosial Facebook, Senin (1 Februari 2021) dipastikan berita bohong (hoax). Akun facebook Bekisar Merah mengunggah informasi bahwa, sejumlah maskapai penerbangan terlihat mencantumkan harga tiket, diantaranya Citilink, Air Asia, Lion, Batik Air, Wings Abadi Airlines, dan Garuda Indonesia. Dalam unggahan itu, tertulis harga tiket pesawat jurusan Jakarta-Purbalingga dengan harga mulai dari Rp 328.500 hingga Rp 1 jutaan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga Yani Sutrisno UN memastikan, beredarkan informasi harga tiket maskapai penerbangan dari Jakarta ke Purbalingga berita bohong (hoax). Hal itu diperkuat oleh perwakilan PT Angkasa Pura II di Purbalingga, selaku operator Bandara Jenderal Besar Soedirman

“Kemarin (baru-baru ini, red), baru survei yang diakukan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub. Nantinya masih akan dievaluasi apakah layak untuk melayani penerbangan atau tidak. Jika layak maka baru keluar izin operasional. Selanjutnya, baru ditawarkan rute ke Bandara Jenderal Soedirman oleh Kemenhub kepada maskapai,” jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran melalui Google. Daftar harga tiket pesawat itu bukan rute Jakarta-Purbalingga. Tapi peringkat penawaran terbaik. Hasil pencarian google yang keluar ialah rute penerbangan dari Jakarta menuju bandara terdekat Kabupaten Purbalingga. Dalam hal ini, nama bandara yang muncul adalah Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA). Sehingga unggahan tersebut tidak benar. Hal ini merupakan kesalahan mengartikan hasil pencarian google tentang harga tiket pesawat Jakarta-Purbalingga.

 

 

 

Baca Juga:  Update COVID-19 di Indonesia Jumat (8 Mei 2020) Jumlah Pasien Sembuh Bertambah 113

Comment

Berita Lainnya