by

Dinsosnakertrans Serahkan Bantuan untuk Sarana Usaha

-Bisnis-dibaca 115.85Rb kali | Dibagikan 25 Kali

Bantuan wirausaha 04Bantuan wirausaha 06Bantuan wirausaha 01

CILACAP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) terus berupaya mencetak wirausaha baru, sekaligus mempertahankan yang sudah berjalan.

Hal tersebut dibuktikan melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan dalam rangka program penciptaan wirausaha baru yang telah berlangsung sejak beberapa bulan lalu. Dan, peserta pelatihan mendapat bantuan sarana usaha, yang secara simbolis diserahkan oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di Aula Dinsosnakertrans, Jumat (11/12).

Kepala Dinsosnakertrans Cilacap Kosasih mengatakan, bantuan sarana usaha ini diberikan kepada tenaga kerja pemuda dan wanita yang beberapa bulan lalu telah mengikuti pelatihan kewirausahaan.

“Ini adalah program Kementerian Ketenagakerjaan dalam rangka upaya mengurangi pengangguran dan meningkatkan pendapatan masyarakat, sehingga pemuda dan wanita ini yang sudah memiliki rintisan usaha diberikan motivasi untuk berwirausaha dengan dibantu sarana usaha,” katanya, Jumat (11/12) sore.

Ditambahkan, bantuan sarana usaha ini di antaranya kulkas, freezer, sepeda, alat-alat untuk salon, kompor, galon, gas, peralatan untuk masak, dan peralatan dapur.

Hal itu sesuai permintaan proposal yang bersangkutan, dan sudah diklarifikasi karena bantuan tersebut masing-masing senilai Rp 3 juta.

“Sehingga bantuan tersebut diperkirakan cukup setelah dikurangi pajak dan sebagainya, dan pengadaannya melalui rekanan,” imbuh Kosasih.

Tahun ini pihaknya melaksanakan pelatihan dalam empat angkatan, dua angkatan untuk lansia dan sisanya untuk pemuda dan wanita, serta dilaksanakan setahun sekali.

Syaratnya, pendaftar baru harus punya rintisan usaha. Sebab, jika tidak memiliki rintisan usaha maka bantuan tersebut akan sia-sia karena tidak digunakan.

“Diharapkan, dari pelatihan ini mereka mempunyai bekal pengetahuan tentang kewirausahaan sehingga ketika mereka punya rintisan usaha, maka bisa meningkatkan cara berusahanya dengan lebih baik lagi. Kemudian ditunjang dengan sarana usaha untuk memperlancar usahanya dan mendapat penghasilan yang lebih baik,” tutupnya. (estanto)

Comment

Berita Lainnya