Dinporapar dan DKPP Kabupaten Purbalingga Gelar Purbalingga Color Run dan Gemarikan

By: On: Dibaca: dibaca 298.97Rbx
Dinporapar dan DKPP Kabupaten Purbalingga Gelar Purbalingga Color Run dan Gemarikan

Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Purbalingga menggelar Purbalingga Color Run 2019 di Alun-alun Purbalingga, Sabtu (7 September 2019).

Event yang diikuti bebanyak 9000 pelajar SMP, MTs, SMA, MA, dan SMK tidak hanya beragendakan lari, namun juga terdapat agenda Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dilaksanakan usai pelaksanaan color run.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dalam sambutannya mengatakan, tujuan diadakannya event ini adalah memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

“Event ini selain dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional, juga diharapkan mewujudkan generasi sehat, bugar, pintar, sehingga mampu mewujudkan Purbalingga yang hebat,” kata Tiwi.

Kepala Dinporapar Purbalingga Yanuar Abidin mengatakan, tujuan event ini adalah untuk menarik minat para pelajar untuk rutin berolahraga, karena olahraga adalah kebutuhan yang harus rutin dilakukan.

“Event ini dikemas dengan tema color run, para peserta akan berlari dan dilempari serbuk warna warni pada pertengahan jalan nanti. Event olahraga harus dikemas secara menarik agar masyarakat tertarik untuk berolahraga, mengingat olahraga merupakan kebutuhan semua orang yang harus dilakukan secara rutin agar badan bugar dan terhindar dari berbagai penyakit,” kata Yanuar.

Ia melanjutkan, olahraga yang dilakukan bersama-sama sangat bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan motorik, kemampuan fisik, sikap sportifitas, dan juga mampu memberikan manfaat berupa kebiasaan pola hidup sehat bagi para pelajar peserta event tersebut.

“Purbalingga Color Run ini dilaksanakan dimulai dengan start di Alun-Purbalingga ke arah barat melewati Jalan Jenderal Soedirman Barat, lalu belok kiri melewati Jalan Ahmad Yani, kemudian belok kiri melewat Jalan Gunung Korakan dan melintasi Jalan Lingkar, kemudian belok kiri melewati Jalan Wiramenggala, belok kanan melewati Jalan Kominot Noto Sumarsono, belol kiri melewati Jalan Pierre Tendean, dan finish di Alun-alun Purbalingga,” lanjut Yanuar.

Kepala DKPP Purbalingga Sediyono mengatakan, acara Gemarikan yang dilaksanakan usai pelaksanaan color run tersebut, mengambil tema “Sehat, kuat, dan cerdas kini dan nanti karena makan ikan”.

“Tujuan dari pelaksanaan Gemarikan untuk para siswa ini adalah untuk meningkatkan gizi dan minat generasi muda untuk gemar mengkonsumsi ikan. Karena ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti protein, vitamin, dan mineral sebagai sumber pertumbuhan dan kecerdasan,” kata Sediyono.

“Selain itu diharapkan dengan event ini akan membentuk generasi muda yang sehat dan cerdas sehingga bisa membawa kemajuan bagi Kabupaten Purbalingga,” kata Sediyono.

Pada event ini terdapat juga pentas band pelajar dan doorprize berupa 8 sepeda, 2 kulkas, 2 televisi, 5 magic com, 5 kompor gas, 5 blender, 5 dispenser, 5 kipas angin, 10 tas punggung, 10 helm sepeda, 10 ralet badminton, 20 paket peralatan sekolah, dan 10 flashdisk. (yoga tri cahyono)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!