Dinkominfo Purbalingga Luncurkan Aplikasi Real Count Pilgub 2018

By: On: Dibaca: 301,484x
Dinkominfo Purbalingga Luncurkan Aplikasi Real Count Pilgub 2018

Guna mensukseskan pemilihan kepala daerah gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah 2018-2023, Dinkominfo Purbalingga membuat aplikasi real count. Aplikasi ini bertujuan membantu masyarakat agar bisa mengetahui secara real hasil pilkada khusus untuk wilayah Purbalingga.

Kasi aplikasi dan infrastruktur TIK pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga, Baryati, mengatakan setiap kecamatan nanti ada admin yang akan menginput data ke aplikasi. Data yang diinput terkait jumlah DPT tiap TPS, jumlah surat suara, suara sah, suara tidak sah, jumlah kehadiran dan jumlah perolehan suara.

” Data diinput di tiap-tiap kecamatan secara online sehingga bisa langsung terekam dipusat data. Masyarakat bisa mengaksesnya di laman https://realcount.purbalinggakab.go.id.,” tambahnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Baryati atau lebih di kenal dengan Ibar mengatakan walaupun begitu real count bukan menjadi acuan penetapan pemenang pilkada, penetapan hasil pilkada harus mengacu pada data resmi penetapan hasil penghitungan suara oleh KPU. Real count berfungsi sebagai menambah khasanah informasi terkait perolehan suara pilkada Jateng 2018.

“Untuk mensukseskan kegiatan tersebut kita bekerjasama dengan Kesbangpol Purbalingga, guna melakukan pelatihan real count pada hari Senin (25/6). Yakni dengan mengundang 18 admin kecamatan se Kabupaten Purbalingga,” katanya.

Sebagaimana diketahui di Purbalingga terdapat 1.655 TPS, dari data TPS tersebut akan diakumulasi per kecamatan. Masyarakat nantinya akan bisa melihat perolehan suara perkecamtan dan akumulasi kabupaten Purbalingga.

“Sedangkan untuk melihat perolehan suara tingkat Jawa Tengah, masyarakat bisa mengakses di Websitenya KPU RI,” pungkasnya

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!