Dinhub Purbalingga Cek Kelaikan Bus Angkutan Arus Balik Lebaran

By: On: Dibaca: 9,136x
Dinhub Purbalingga Cek Kelaikan Bus Angkutan Arus Balik Lebaran

Dinas Perhubungan (Dinhub)  Kabupaten Purbalingga melakukan pengecekan terhadap kelaikan bus yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang arus balik. Pengecekan dilakukan di Terminal Bobotsari, Purbalingga dan Bukateja.

“Pengecekan dilakukan oleh petugas terhadap bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang masuk ke terminal tersebut,” kata Kepala Dinhub Purbalingga Imam Wahyudi, Selasa (19/6).

Diungkapkan pengecekan dilakukan untuk mengetahui kelaikan jalan bus. Pasalnya bus tersebut akan kembali mengangkut penumpang arus balik. Mayoritas tujuannya adalah ke Jakarta, Bandung dan Surabaya. Pengecekan dilakukan setiap hari.

“Bus yang akan berangkat kami cek dulu. Jika ditemukan adanya kekurangan, kami minta awak bus melakukan perbaikan,” ujarnya.

Selain melakukan pengecekan kelaikan kendaraan, pihaknya melakukan pengecekan kondisi kesehatan sopir dan awak bus yang akan membawa penumpang. Tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) disiagakan di tiga terminal tersebut.

“Pengecekan terhadap sopir dan awak bus diperlukan sebagai antisipasi. Jika memang kondisi kesehatan mereka tidak layak, mereka tidak boleh membawa penumpang,” ungkapnya.

Mengenai situasi penumpang arus balik di tiga terminal tersebut, dia mengatakan sudah mulai ada peningkatan. Pihaknya memprediksi lonjakan akan terjadi mulai Rabu (20/6) mendatang.  Ketika disinggung soal kepadatan arus lalu lintas arus mudik dan balik yang melintas di Purbalingga, dia menyampaikan pengaturan arus kendaraan dari luar kota masuk atau melintas Purbalingga, baik dari arah utara maupun Selatan sudah cukup baik.

“Khusus dari arah utara dengan difungsikan jalur Jalan Tentara Pelajar-RSUD Goetheng-Pasar Mandiri ternyata dapat mengurangi kemacetan. Demikian juga yang dari arah Selatan yang dialihkan melalui jalur SPBU Mewek dan jalur Jompo-Gambarsari.

“Rute baru itu efektif mengurangi kepadatan jalur dalam kota. Tapi yang dari arah Barat kami masih kesulitan mengurangi panjangnya kemacetan di ruas Karangkabur-Bojanegara dan di sekitar perempatan Pasar Padamara,” imbuhnya

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!