by

Dindikbud Kabupaten Purbalingga Apresiasi Pembangunan Perpustakaan di SD Negeri 3 Tunjungmuli

-Pendidikan, Update-dibaca 5.17Rb kali | Dibagikan 26 Kali

Pembangunan ruang perpustakaan baru di SD Negeri 3 Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, dipastikan sudah sesuai prosedur. Pembangunan ruang perpustakaan ini menggunakan sumber anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK). Total anggaran yang dialokasikan adalah Rp 157 juta.

“Hasil monitoring kami, pembangunan sudah sesuai prosedur. Hasil pekerjaan bangunannya juga sudah sesuai, serta hasilnya bagus. Ini cukup menggembirakan kami,” kata Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasardi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga, Agustinus Indradi kepada media siber lintas24.com, Kamis (24 September 2020)

Ia menjelaskan, pembangunan dilakukan swakelola oleh Panitia Pembanguna n Sekolah (P2S) yang terdiri dari unsur sekolah, masyarakat dan unsur komite. Pihak sekolah juga melibatkan fasilisator untuk membantu pembuatanRencana Anggaran Belanja (RAB) dan Surat Pertanggungjawaban (SPJ).

“Pekerja yang mengerjakan pembangunan adalah warga sekitar. Semua ada bukti tertulis,” jelasnya.

Agustinus Indradi mengapresiasi kepada sekolah yang berhasil melakukan efisiensi dana pekerja. Dari alokasi di RAB sejumlah Rp 32 juta, namun setelah dikerjakan oleh warga sekitar, direncanakan hanya menghabiskan dana Rp 22 juta.

“Sisa anggaran bisa digunakan untuk pengembangan lainnya. Namun, harus melalui posedur dimasukkan dalam RAB, serta ada SPJ dalam pelaporannya. Juga melibatkan fasilitator,” lanjutnya.

Pihaknya berharap, setelah pembangunan selesai. Perpustakaan sekolah baru tersebut bisa mendukung kemajuan sekolah.

“Terutama untuk menambah pengetahuan dari para siswanya,” ungkapnya

 

 

Comment

Berita Lainnya