Dindikbud Gandeng  BNN Upayakan P4GN

By: On: Dibaca: dibaca 3.92Rbx
Dindikbud Gandeng  BNN Upayakan P4GN

Kasus penggunaan dan penyalahgunaan narkoba jenis psikotropika di kalangan pelajar,  salah satunya disebabkan faktor lingkungan pergaulan yang salah. Selain itu, pengawasan dari orang tua yang minim sehingga para pelajar dengan mudah akan terjerumus.

Hal tersebut diungkapkan Ptl Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga saat kegiatan Koordinasi Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika (P4GN) di Ruang Indraprasta, Owabong Cottage, Selasa (23 April 2019).

“Untuk upaya pencegahan, kita akan akan mengumpulkan kepala sekolah yang ada di Kabupaten Purbalingga guna membuat nota kesepahaman dengan BNN memerangi penyalagunaan narkoba di kalangan pelajar. Nanti kepala sekolah bisa bersinergi langsung dengan BNN terkait sosialisasi pencegahan narkoba maupun kebijakan,” kata Subeno

Subeno menambahkan untuk menumbuhkan kesadaran dan tanggungjawab bersama, Dindikbud Purbalingga juga siap menggandeng semua pihak untuk mendukung suksesnya pendidikan di Kabupaten Purbalingga.

“Jika elemen pemerintah, sekolah, dan masyarakat bersatu maka pendidikan di Purbalingga semakin baik,” katanya.

Kepala BNNK Kabupaten Purbalingga, Istantiyono mengaku prihatin, jika pelajar yang terkena kasus narkoba kemudian dikeluarkan dari sekolah.Padahal, orang yang terkena narkoba seharusnya bisa disembuhkan dan dibina kembali.

”BNN sanggup menyembuhkan orang yang kecanduan narkoba, dan itu tidak dipungugut biaya. Selanjutnya dibina  dan kembali ke sekolah hingga lulus. Tapi memang ada peraturan dan kebijakan di masing-masing sekolah. Ini yang nantinya perlu dibahas bersama,” katanya.

Kabid Rehabilitasi BNN Provinsi Jawa Tengah, Teguh Budi Santosa menambahkan ada 4 hal yang bisa dilakukan pemerintah kabupaten .

”Membuat peraturan berupa perda P4GN, menggencarkan sosialisasi P4GN, pemetaan daerah rawan penyalagunaan narkoba serta melaksanakan tes urine,” katanya.

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!