Dindik Purbalingga Usulkan Lelang DAK Bulan Ini

By: On: Dibaca: 97,250x
Dindik Purbalingga Usulkan Lelang DAK Bulan Ini

Realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan tahun 2013- 2015 yang belum juga terlelang hingga tahun ini menunjukkan titik terang. Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga, Tri Gunawan MH mengatakan siap mengajukan usulan lelang ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) Purbalingga bulan ini.

“Minggu ini kami sudah berkonsultasi kepada Sekda, Asisten Tiga dan satuan kerja yang belum terlelang untuk menemukan titik terang kelanjutan lelang ini. Setidaknya dalam Mei ini, kami akan berkoordinasi kembali dengan ULP,” katanya, Jumat (8/5).

Ia juga mengatakan, karena proyek bukan fisik, maka lelang itu akan lebih mudah. Misalnya pengadaan bola sepak, standarisasinya sudah jelas. Apalagi hal itu tak hanya dilaksanakan di Purbalingga saja. “Jadi kami optimis masih ada waktu tahun ini untuk segera melelang,” tambahnya.

Menurutnya, lelang untuk proyek fisik jelas lebih rumit karena membutuhkan perencanaan lebih awal. Bahkan jika dikerjakan, harus melalui tahapan yang sangat urut, misalnya pondasi dan lainnya sampai menjadi bangunan.

Dindik berharap, tidak ada lagi persoalan beda kesepahaman dengan ULP. Apalagi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sudah memberikan rekomendasi agar dinas bertindak cepat.

Pihaknya sejak awal juga tidak ada masalah dan tetap sesuai aturan pusat. “Saya akan berpegang pada rekomendasi LKPP yang menyarankan agar ULP tetap segera memfasilitasi lelang itu. Namun agar semuanya klir, maka sebelum diusulkan lelang kembali, maka ada koordinasi yang lebih mendalam,” tegasnya.

Seperti diketahui, LKPP menyatakan jika ULP di daerah hanya sebagai penyelenggara dan tidak bisa melakukan intervensi dengan memberikan syarat tertentu atau tambahan syarat. Dindik seharusnya sejak awal sudah bisa mengusulkan untuk dilelang tanpa foto.

Komisi III DPRD Purbalingga juga memberikan masukan kepada pemkab terkait persoalan selama ini yang menjadi kendala terlelangnya DAK itu.

Diberitakan sebelumnya, kegiatan yang bersumber dari DAK tahun 2013 hingga 2015 belum juga terealisasi hingga kini. Program tersebut selalu tidak bisa dilelang dan menjadi program luncuran tahun beriikutnya. Diduga karena antara ULP dengan Dindik tidak selaras dalam menafsirkan aturan lelang

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!