Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purbalingga Gelar Pelatihan Seni

By: On: Dibaca: dibaca 9.44Rbx
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purbalingga Gelar Pelatihan Seni

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga menggelar pelatihan seni karawitan, tembang dan teater. Kegiatan yang menggandeng Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta ini diikuti sebanyak 150 orang pelaku seni yang terdiri dari seniman umu, guru TK, guru SD dan guru SMP.

Kepala Dindikbud Kabupaten Purbalingga, Setyadi mengatakan pelatihan seni seperti ini diharapkan dapat terus berlanjut. Terlebih pelaku seni di Purbalingga yang cukup banyak, sehingga dengan adanya pelatihan seni seperti ini dapat menjadi sarana untuk pembinaan seni di Purbalingga.

“Karena yang kita ikutkan pelaku seni, insane seni di Purbalingga yang sangat banyak dan ini baru sebagian kecil mudah-mudahan terus berlanjut sehingga pembinaan seni di Purbalingga terus berkembang,” kata Setyadi saat Penutupan Pelatihan Seni Karawitan, Tembang dan Teater di Gor Mahesa Jenar, Rabu Sore (3 Juli 2019).

Setyadi menerangkan pelatihan seni seperti ini nantinya akan dikembangkan sendiri dengan instruktur dari Purbalingga. Apalagi ada banyak pelaku seni yang sudah berpengalaman dan berkompeten di bidangnya masing-masing.

“Seperti di Teater kan kita banyak pelaku teater yang sudah malang melintang seperti Trisnanto Budidoyo dan kawan-kawan, kemudian di seni karawitan juga demikian kita punya Tomo dan pelaku seni yang lain,” imbuhnya.

Ia pun juga mendapat masukan dari peserta yang menghendaki pelatihan seni seperti ini terus berlanjut. Dengan memanfaatkan potensi, Sumber Daya Manusia (SDM)nya dan para aktivis seni yang ada di Purbalingga.

“Sehingga ke depan kesenian di Purbalingga mengalami perkembangan dan kemajuan,” ujar Setyadi.

Kasi Kesenian dan Nilai Tradisi pada Dindikbud Purbalingga, Rien Anggraeni menyampaikan peserta dibagi ke dalam tiga kategori yakni Pelatihan Karawitan, Pelatihan Tembang dan Pelatihan Teater dengan masing-masing kategori yakni 50 peserta Pelatihan seni karawitan, tembang dan teater diselenggarkaan selama tiga hari (1-3/7).

“Untuk karawitan bertempat di Aula Soedirman Dindikbud Purbalingga, untuk Tembang di Aula Ki Hajar Dewantara Dindikbud Purbalingga, sedangkan untuk teater itu di panggung kesenian Mahesa Jenar,”pungkas Rien.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!