Dinas Lingkungan Hidup Dorong Sekolah Mandiri Kelola Sampah

By: On: Dibaca: 8,256x
Dinas Lingkungan Hidup  Dorong Sekolah Mandiri Kelola Sampah

 

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purbalingga gelar roadshow olah dan pilah sampah untuk pelajar sekolah di Purbalingga. Roadshow tersebut dilaksanakan dari tanggal 5–28 Februari 2018 secara beruntun dari sekolah ke sekolah dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional.

“Sekolah merupakan salah satu penghasil sampah yang cukup besar. Untuk itu DLH dorong agar bisa melakukan pengolahan dan pemilahan sampah organik dan anorganik,” kata Kepala Dinas Lingkungkan Hidup, Ir Sigit Subroto melalui Kasi pengelolaan sampah Catur Kurniawan, Senin (19/2).

Para pelajar, guru, dan staf sekolah diajarkan untuk memilah sampah organik dan anorganik. Setelah itu, sampah organik diolah menjadi pupuk kompos. Sedangkan sampah anorganik dikumpulkan di bank sampah.

“Seperti bank sampah lainnya, sampah anorganik disekolah nantinya dijual dan biaya yang didapatkan bisa untuk kegiatan siswa,” imbuhnya.

Pada periode roadshow tersebut, DLH melakukan pelatihan di 14 sekolah di Purbalingga. Permintaan pelatihan pun kemdudian berdatangan baik dari sekolah yang belum terdaftar maupun dari desa.

Catur mengakui pada perayaan HPSN tahun ini, antusias masyarakat meningkat. Seperti permintaan pelatihan olah dan pilah sampah yang terus berdatangan. “

Kami akan upayakan agar semua permintaan tersebut dapat terpenuhi. Jika antusias masyarakat terus meningkat seperti ini, Purbalingga bisa jadi kota percontohan untuk pengelolaan sampah,” ujarnya.

Saat ini, tercatat sudah 48 bank sampah didirikan dengan awal tahun berdiri 6 bank sampah baru. Baik dilingkup desa, sekolah, maupun institusi pemerintahan.

“Melihat pada tahun 2016 baru ada 14 bank sampah dan saat ini melonjak drastis mencapai 48 bank sampah, kami optimis, kepedulian masyarakat dan masa depan pengelolaan sampah akan jauh lebih baik pada waktu ke depan,” pungkasnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!