by

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah  Beri Bantuan Paket Ikan untuk Ibu Hamil dan Menyusui di Candinata Purbalingga

-Nusantara, Update-dibaca 5.11Rb kali | Dibagikan 16 Kali

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah memberikan paket bantuan ikan untuk ibu hamil dan menyusui di Desa Candinata Kecamatan Kutasari, Rabu (4 November 2020)

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro menuturkan, kegiatan ini diharapkan menjadi motivasi agar Purbalingga terus memperbaiki peringkatnya sehingga akan terus meningkat.

“Semoga peringkat Purbalingga akan terus naik. Jawa Tengah untuk diketahui dinobatkan sebagai Provinsi dengan penanganan stunting terbaik salah satunya dengan gerakan makan ikan. Semoga ini menjadi motivasi Purbalingga,” katanya di Balai Desa Candinata Kecamatan Kutasari.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Agus Winarno, mewakili Pjs Bupati Purbalingga Sarwa Pramana mengungkapkan, angka makan ikan perkapita Purbalingga masih jauh dari rata-rata Provinsi dan nasional.

“Purbalingga di tahun 2019 angka makan ikan perkapita berada pada angka 21 Kg pertahun dan dibandingkan dengan rerata nasional terpaut jauh yaitu 56 kg pertahun yang menurutnya memang Purbalingga kalah dengan daerah pesisir yang mudah akan akses pasokan ikan,” ungkapnya

Ia menjelaskan, 24 dari 30 desa dengan predikat stunting telah ditangani melalui berbagai sumber dana yang ada. Permasalahan stunting di Kabupaten Purbalingga harus ditangani bersama termasuk dengan suplai makanan bergizi salah satunya dengan digalakannya makan ikan

Dalam kegiatan yang dihadiri Kepala  Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah Fendiawan Tiskiantoro, Ka Dinas DKKP Purbalingga Sediyono serta Forkompimcam Kutasari. Agus Winarno menegaskan, walau pun masih di bawah rata-rata nasional, namun angka 21 kg merupakan sebuah peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 13 kg.

“Kampanye makan ikan di Purbalingga harus terus dilakukan agar asupan gizi terpenuhi sehingga akan stunting semakin menurun,” katanya.

 

Comment

Berita Lainnya