Dinarpus Purbalingga Kunjungi Perpustakaan Andong Sinawi Tlahab Kidul

By: On: Dibaca: 69,796x
Dinarpus Purbalingga Kunjungi Perpustakaan Andong Sinawi Tlahab Kidul


Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Purbalingga mengadakan pelatihan ketrampilan tangan sebagai bekal bagi kaum ibu membantu perekonomian keluarga, Rabu (24/10) di balai Desa Tlahab Kidul. Acara tersebut terselenggara atas kerjasama antara Dinarpus Purbalingga, TP PKK Kecamatan Karangreja dan pengurus Perpustakaan “Andong Sinawi” Tlahab Kidul.

Di depan 40 peserta yang semuanya adalah ibu-ibu, Kepala Bidang Perpustakaan Dinarpus Purbalingga, Sri Puji Artati mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan. Tlahab Kidul yang masuk ke dalam 45 Desa zona merah kemiskinan dilatih ketrampilan agar mereka mempunyai jiwa kemandirian dalam berwirausaha.

“Pelatihan ini dimaksudkan agar Tlahab Kidul berada minimal pada zona kuning. Syukur-syukur langsung loncat ke zona hijau,” katanya.

Selain melatih ketrampilan membuat hantaran dan seni rajut, Dinarpus Purbalingga juga memperkenalkan replikasi perpuseru. Untuk diketahui, pelatihan ketrampilan tersebut merupakan bagian dari replikasi perpuseru yang menjadi program andalan Dinarpus Purbalingga.

Pj. Kepala Desa Tlahab Kidul, Titik Dwiarti yang mendampingi Dinarpus berujar, Tlahab Kidul sangat beruntung karena dilatih ketrampilan itu. Menurutnya, tidak semua Desa mendapat kesempatan seperti itu. Dia berharap peserta dapat mengaplikasikan pelatihan itu agar bisa dikembangkan menjadi bisnis sehingga perekonomian keluarga terangkat.

“Kami berterima kasih kepada Dinarpus Purbalingga yang telah memilih Tlahab Kidul sebagai tempat pelatihan. Kami harap peserta dapat mengimplementasikan apa yang didapat pada hari ini untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis,” ujar wanita yang juga menjadi Kasi PMD di kantor Kecamatan Karangreja itu

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!