Dinar Ingin Jadi Guru dan Mekanik Mobil

By: On: Dibaca: dibaca 26.29Rbx
Dinar Ingin Jadi Guru dan Mekanik Mobil

Siswa kelas XI TKR SMK YPLP Perwira 2 Pengadegan

Mekanik yang sering kita lihat di bengkel mobil saat ini kebanyakan memang kaum laki-laki. Sehingga dunia bengkel sering dianggap dunianya para laki-laki berotot. Tapi pandangan seperti itu mulai pudar, seiring dengan bermunculannya mekanik-mekanik perempuan.

Dinar Isnaini siswa kelas XI program keahlian Teknik kendaraan Ringan (TKR) SMK YPLP Perwira 2 Pengadegan Kabupaten Purbalingga, juga menepis anggapan dunia bengkel boleh dimonopoli kaum laki-laki. Pekerjaan menjadi mekanik mobil memang penuh tantangan dan membuat penasaran, namun pasti menyenangkan

“Saya dulu penasaran untuk mengetahui lebih dalam tentang seluk beluk otomotif,” ungkap gadis kelahiran Talangtengah 20 Maret 2000 saat melaksanakan Praktek Kerja Industri di Bengkel Kang Imam Kalikabong.

Semenjak duduk dari bangku SMP Negeri 1 Pengadegan tahun 2015, gadis yang selalu mengenakan jilbab ingin memilih bersekolah di sekolah kejuruan yang terdapat progam keahlian otomotif untuk mengobati rasa penasarannya. Dinarpun memilih SMK YPLP Perwira 2 Pengadegan untuk menempa ilmunya.

Satu persatu ilmu untuk para laki-laki berotot diserapnya, diantaranya pengetahuan teknik dasar otomotif berupa; teknologi dasar otomotif, pekerjaan dasar teknik, teknik listrik, sistem rem, kemudi, suspensi, baterai, memperbaiki kerusakan ringan pada rangkaian/ sistem kelistrikan, pengaman dan kelengkapan tambahan, sistem pengapian dan starter dan pengisian.

“Apa yang dikerjakan, tidak beda dengan pekerjaan dibengkel pada umumnya. Buka pasang, mur, baut, mendongkrak, menservice, dan mengecek kelistrikan,”ungkap gadis lulusan SD Negeri 1 Bedagas dan tinggal di Desa Bedagas RT 05 RW 03 pengadegan.

Namun diakui Dinar, kesukaannya dengan mesin bukan karena dia ingin dianggap beda ataupun dikagumi laki-laki. Tapi karena memang rasa penasaran yang untuk berkutat dengan mesin, juga bukan karena hoby mengutak-atik mesin sejak kecil

“Saya mulai menyadarinya waktu duduk dibangku SMP. Nggak tahu kenapa. Mungkin penasaran inilah yang mendorong untuk menekuni dunia perbengkelan,”ungkapnya

Selama berkecimpung di bidang ini, beragam suka dan duka yang dirasakan Dinar. Terkadang beberapa kendala dihadapinya. Namun bukan Dinar namanya bila tidak bisa mengatasinya. Kendala dalam pekerjaan pasti ada. Tapi bila ingin dibuat mudah atau tidaknya pekerjaan itu, ya tergantung kita, kata Dinar yang sudah terbiasa bergabung dengan laki-laki dalam setiap kegiatan bengkel.

Dinarpun tambah termotivasi dengan pesan gurunya di SMK YPLP Perwira 2 Pengadegan, bahwa dunia otomotif akan selalu terus berkembang dan sangat banyak inovasi dan variasi baru seiring perkembangan zaman. Pasalnya, jumlah kendaraan yang ada di jalanan akan semakin bertambah dan hal ini akan berimbas pada terciptanya sebuah peluang usaha dibidang otomotif khususnya peluang usaha bengkel kendaraan bermotor.

“Dunia perbengkelan  mempunyai daya tarik tersendiri.Contohnya memodifikasi, kebanyakan anak muda sekarang sangat tertarik dengan modifikasi untuk memperindah atau membuat kendaraannya lebih cepat,”ungkap Dinar yang selalu mendapat nilai tinggi dalam mata pelajaran Bahasa Inggris.

Kelak setelah lulus dari bangku SMK YPLP Perwira 2 Pengadegan, jika ada kesempatan, Dinar ingin melanjutkan pendidikan ke  jenjang perguruan tinggi dengan jurusan yang sama agar bisa mendapat ilmu lebih luas lagi dalam bidang otomotif dan bercita-cita menjadi guru serta membangun usaha dengan membuka bengkel mobil. Janganlah patah semangat jika sebuah pekerjaan ternyata lebih sulit daripada yang anda perkirakan. Kesulitan-kesulitan akan membuat kita menjadi lebih kuat, dan mengantarkan kita pada kemenangan kemenangan yang lebih besar lagi.

“Saya ingin menjadi seorang mekanik biasa, ini bukan impianku tetapi saya bangga disaat seseorang tersenyum dan berterimakasih atas hasil kerjaku dan merekapun menghargai itu,”ungkapnya. (mahendra yudhi krisnha)

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!