Dikyasa Satlantas Polres Purbalingga Gelar Binluh. Tingkatkan Kesadaran Hukum Pelajar

By: On: Dibaca: 10,023x
Dikyasa Satlantas Polres Purbalingga Gelar Binluh. Tingkatkan Kesadaran Hukum Pelajar

Membangun pribadi yang disiplin pada anak-anak, tidak mudah. Pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pelajar dari tahun ketahun mengalami peningkatan dengan berbagai macam kasus, mulai dari kelayakan kendaraan, sampai dengan etika dalam berkendara.

Hal ini tentunya dipengaruhi oleh kesadaran hukum pelajar dalam mentaati peraturan berlalu lintas masih minim.

“Untuk itu diperlukan upaya yang terputus dengan membentuk karakter sejak anak-anak, sehingga besarnya itu nanti akan terbawa. Jadi untuk membentuk atau merubah ke arah lebih baik, bisa disiplin, lebih kompak dan bekerjasama,”ungkap Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa Satuan Lalu Lintas (Dikyasa Satlantas) Polres Purbalingga, IPDA Wagimin kepada Tabloid Elemen dan cyber media lintas24.com usai melakukan Pembinaan Penyuluhan Polisi Sahabat Anak (PSA) di SD Negeri 2 Sinduraja, Rabu (14 Februari 2018).

Ia menambahkan, materi yang diberikan diantaranya tentang tata tertib berlalu lintas dan sosialisasi UU Nomor 22 tahun 2009. Dalam penyuluhannya yang dikemas santai dan ringan, disampaikan pentingnya mentaati peraturan lalu lintas agar terwujud pelayanan lalu lintas yang aman, selamat, tertib, lancar, etika berlalu lintas dan budaya bangsa serta penegakan hukum dan kepastian hukum bagi masyarakat dengan penuh kesadaran semua komponen masyarakat.

“Ini merupakan wujud nyata kepedulian Sat Lantas Polres Purbalingga kepada masyarakat khususnya anak-anak dalam memberikan penyuluhan dan pembinaan, sehingga dapat membiasakan kepada anak-anak sejak usia dini untuk tertib berlalu lintas,”ungkapnya.

Anggota Unit Dikyasa, Brigadir Tri Ariyani menambahkan, selain memberi sosialisasi binluh, Unit Dikyasa memberi pengetahuan 12 gerakan pengaturan lalu lintas agar nantinya mereka paham akan hal tersebut apabila ditemui dijalan. Juga di himbau untuk selalu memperhatikan kelengkapan kendaraan dan pengendara.

“Mereka dikenalkan tentang rambu-rambu lalu lintas, fungsi dan cara menggunakan helm dan kegunaannya, serta cara menyeberang jalan supaya aman. Diharapkan mereka menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,”ungkapnya

Kepala SD Negeri 2 Sinduraja, Farida Margianti mengungkapkan, melalui kegiatan ini diharapkan juga  anak – anak paham tugas mulia seorang polisi, Jiwa ksatria, jujur dan disiplin dapat dicontoh dan menjadi karakter pada saat mereka sudah dewasa nanti. Di samping itu juga anak tidak phobia terhadap polisi dan merasa bangga dengan polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Kita berharap dengan program ini akan terbentuk pribadi yang kuat, disiplin, mandiri dan baik. Ini perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak karena mereka adalah generasi penerus bangsa,” tuturnya.

Dalam kegiatan itu juga kenalkan seputar profesi Polisi lalu lintas oleh Brigadir Teguh Riyanto, A. Md, Brigadir Rizky, Brigadir Tri Ariyani, Bripda Nida Aulia Pradita serta ditampikan wayang lalu lintas dengan dalang Brigadir Teguh Riyanto yang juga Juara 1 Polisi Lalu Lintas Teladan tahun 2017 yang digelar Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah. Sebagaimana diketahui Wayang lalu lintas ini pernah meraih juara inovasi favorit kegiatan Dikmas Lantas tahun 2016. (mahendra yudhi krisnha)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!