Dikyasa Satlantas dan Puskesmas Purbalingga Bagikan Seribu Masker

By: On: Dibaca: 13,302x
Dikyasa Satlantas dan Puskesmas Purbalingga Bagikan Seribu Masker

24 Maret,  Hari Tuberkulosis (TB) Dunia

Tanggal 24 Maret merupakan Hari Tuberkulosis (TB) Dunia. Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satuan Lalu Lintas Polres Purbalingga bersama Puskesmas Purbalingga membagikan 1.000 masker kepada pengguna jalan.

“Ini merupakan keterpaduan kegiatan sosialisasi keselamatan berlalu lintas dan kesehatan bersama Puskesmas Purbalingga,”ungkap Kanit Dikyasa Satlantas Polres Purbalingga IPDA Wagimin di simpang empat Sirongge, Sabtu, (24 Maret 2018)

IPDA Wagimin berharap, masyarakat tetap waspada saat berkendaraan di jalan raya dan juga mengetahui bahwa tanggal 24 Maret merupakan Hari Tuberkulosis (TB) Dunia.

Kepala Staf Puskesmas Purbalingga, Sutarmo menambahkan, kegiatan ini dilaksanaakan dalam rangka hari Hari Tuberkulosis (TB) Dunia dan sekaligus ikut mensosialisasikan TB bukanlah sebuah penyakit keturunan, melainkan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberkulosis.

“Cara penularannya adalah melalui udara. Untuk itu kita bagikan masker kepada para pengguna jalan,”ungkapnya

Ia menambahkan, bakteri TB keluar ke udara melalui droplet atau percikan dahak dan liur pada saat penderita batuk, bersin atau ketika berbicara.

jika bakteri TB terhirup oleh orang lain yang sedang dalam kondisi atau punya daya tahan tubuh lemah, maka mereka akan tertular sakit TB.Jika tidak dilakukan pencegahan, satu orang terinfeksi kuman TB, bisa menginfeksi 10-15 orang.

“Mencegah penularan TB cukup dengan menggunakan masker, tidak perlu berlebihan dengan menjauhi pasien TB,”ungkapnya.(yoga tri cahyono)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!