Menu
Media Online Terpercaya

Diduga Hina Nahdatul Ulama, Gus Nur Ditangkap Bareskrim Polri

  • Share
Sugi Nur Raharja atau yang meminta dipanggil Gus Nur

Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Polri) menangkap Sugi Nur Raharja atau yang meminta dipanggil Gus Nur. Penangkapan diduga terkait dengan kasus ujaran kebencian atau SARA yang sempat dilaporkan Nahdlatul Ulama (NU).

Gus Nur ditangkap di rumahnya Sawojajar, Kecamatan Pakis, Malang, Jawa Timur. Dini hari tadi ditangkap Sabtu 24 Oktober 2020 pukul 00.18 WIB di rumahnya,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono kepada wartawan, Minggu (25 Oktober 2020).

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi membenarkan adanya penangkapan Gus Nur.

“Tindak pidana menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan, menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan atas SARA dan penghinaan,” tutur Slamet.

Pernyataan Gus Nur yang dianggap menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan tersebut disebarkan dalam akun YouTube MUNJIAT Channel pada 16 Oktober 2020.

Sebelumnya, Gus Nur dilaporkan ke Bareskrim Polri atas kasus dugaan penghinaan terhadap Nahdatul Ulama (NU), pada Rabu (21/10). Dia dlaporkan oleh Ketua Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Cirebon bernama Azis Hakim.

Azis mengatakan, pihaknya melaporkan dengan dugaan tindak pidana penghinaan dan ujaran kebencian melalui media elektronik. Azis menyebut Gus Nur bukan kali ini saja melontarkan ujaran kebencian terhadap NU.

“Bahwa Gus Nur ini sudah berkali-kali melakukan ujaran kebencian terhadap Nahdlatul Ulama. Tidak hanya sekarang ini, tapi sebelum-sebelumnya juga Gus Nur sudah melakukan dan sering melakukan ujaran kebencian terhadap Nahdlatul Ulama,” tutur Aziz.

Laporan tersebut diterima SPKT Bareskrim Polri dengan nomor LP/B/02596/X/2020/Bareskrim/ 21 Oktober. Gus Nur dijerat dengan Pasal 27 ayat 3 Undang-undang ITE Pasal 28 ayat 2 Undang-undang ITE, ancaman 4 tahun dan 6 tahun penjara

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *