by

Dewan Minta Kepokmas Aman dan Mudik Lancar

-Politik-dibaca 78.20Rb kali | Dibagikan 25 Kali

Tongat-DPRD

PURBALINGGA- Ketua DPRD Purbalingga, Tongat meminta kepada pemkab agar menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) dan menjamin kelancaran mudik selama lebaran. Langkah-langkah taktis Antarinstansi terkait harus disingkronkan.

“Guna menjamin ketersediaan barang sekaligus melonjaknya harga kepokmas perlu ada pemantauan setiap hari di tingkat distributor, agen dan pedagang besar. Kemudian perlu persiapan operasi pasar secara terkoordinatif guna menjamin stabilitas harga, kelayakan dan mutu barang,” katanya, Selasa (14/7).

Dia juga meminta pihak terkait untuk mewaspadai para spekulan yang berusaha mempermainkan ketersediaan dan harga barang kepokmas, sekaligus lakukan pengawasan yang intensif untuk mencegah terjadinya hal itu.

Sementara itu terkait aktivitas mudik danbalik lebaran agar dapat berjalan lancar, aman dan nyaman, perlu disiapkan jaringan jalanserta pemenuhan fasilitas perlengkapan jalan baik pada jalur utama maupun alternatif. Kemudian perbanyak pemasangan rambu lalu lintas dan penunjuk arah untuk memudahkan pemudik.

“Lakukan penanganan proporsional lokasi rawan kemacetan dan kecelakaan. Lalu penanganan keselamatan secara cepat dantepat dengan menyiapkan pos keselamatan serta tenaga medis baik statis maupun mobil pada lokasi tersebut,” katanya.

Pihak terkait juga harus mengasai dan mengamankan tempat umum yang dinilai rawan kejahatan seperti terminal dan pasar. Terkait tarif angkutan, juga harus dipantau intensif untuk antisipasi kenaikan tarif angkutan terlalu tinggi.

“Sedangkan untuk penyelenggaraan objek wisata dan keramaian masyarakat, perlu disiapkan antisipasi tindak kriminal atau hal-hal yang membahayakan. Misalnya tempat yang menggunakanwahana air, harus mempersiapkan tim SAR sebagai cegah dini terhadap hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Sebelumnya, Komisi IV DPRD Purbalingga juga telah melakukan pantauan kesiapan sejumlah terminal di Purbalingga, Kamis-Jumat (9-10/7). Pantauan diawali dari terminal Bobotsari, di perbatasan Pemalang-Purbalingga dan terminal Purbalingga dan terminal Bukateja.

Ketua Komisi IV DPRD Purbalingga Sugimin mengatakan, dari pantauan yang dilakukan selama ini menunjukan kinerja Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) sudah matang dan siap melayani pemudik. Kesiapan seperti fasilitas untuk penumpang semua sudah tersedia seperti tempat istirahat, fasilitas kesehatan, mushala dan toilet serta personel

Comment

Berita Lainnya