Menu
Media Online Terpercaya

Destinasi Wisata di Banyumas Tetap Buka Selama Lebaran

  • Share
Baturraden
Baturraden. Foto: portalwisata.com

Pengunjung dibatasi

Asis mengatakan, sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) jumlah pengunjung sebenarnya dibatasi 50 persen. Namun, menurut surat edaran Gubernur Jateng, selama Lebaran jumlah pengunjung dibatasi 30 persen.

“Ini kan dari gubernur 30 persen, artinya tetap diberikan kesempatan untuk dibuka, dengan protokol kesehatan wajib,” ujar Asis.

Baca Juga: Kapolres Purbalingga, AKBP Franky Ani Sugiharto: Selama Larangan Mudik, Polisi deteksi dini dan awasi jalan tikus

Menurut Asis, kebijakan tersebut dapat diterima pengelola obyek wisata. Pasalnya, selama ini obyek wisata di Banyumas juga telah menerapkan pembatasan jumlah pengunjung 30 persen dari kapasitas.

Baca Juga: Tol Jakarta-Cikampek dan Arteri Karawang Dijaga 2.000 Petugas Gabungan di 15 Titik Penyekatan

Asis mengatakan, setiap pengelola obyek wisata yang akan beroperasi di masa pandemi Covid-19 harus mengajukan izin. Selanjutnya, kata Asis, Satgas Covid-19 akan melakukan verifikasi terkait sarana dan prasarana serta penerapan protokol kesehatan di obyek wisata.

“Contohnya Lokawisata Baturraden, luasnya 16,8 hektar, yang bisa dijamah pengunjung 4 hektar. Total maksimal pengunjung 20.000 orang, tapi hanya mematok maksimal 3.000 orang, masih sangat longgar,” kata Asis.

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *