Desember-Februari Puncak Musim Hujan

By: On: Dibaca: dibaca 12.46Rbx
Desember-Februari Puncak Musim Hujan

 

Puncak musim hujan diperkirakan jatuh pada Desember hingga Februari 2018 . Curah hujan akan mulai mengalami peningkatan pada November ini.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang tertuang dalam surat edaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kepada para Gubernur dan Sekdaprov tertanggal 31 Oktober 2017, sebagian besar wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim hujan pada akhir Oktober hingga awal November. Setidaknya 76 persen zona musim (ZOM) di Indonesia akan mulai mengalami hujan dengan berbagai intensitas.

Sedangkan untuk puncak musim hujan diperkirakan jatuh pada Desember 2017 sampai dengan Februari 2018 mendatang. Dalam surat tersebut, BNPB meminta seluruh lembaga terkait diminta untuk bisa melakukan berbagai antisipasi yang diperlukan terkait cuaca yang bakal terjadi. Terutama untuk daerah-daerah yang rawan bencana terutama banjir dan tanah longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Madiun, Agus Hariono mengatakan pihaknya sudah melakukan antisipasi banjir sejak terjadinya hujan pertama beberapa waktu lalu.

“BPBD sudah melaksanakan antisipasi. Beberapa hari lalu kami sudah melakukan pembersihan sungai di gang Pancasila Jalan Mayjen Sungkono,” ujar Agus Hariono, Selasa (7 November 2017).

Selain itu lanjutnya, setiap kali turun hujan, terdapat sejumlah relawan yang melakukan patroli keliling kota untuk melaksanakan pemantauan.

“Kami siapkan regu patroli ada enam personel, yang lainnya tinggal di posko. Untuk patroli dilakukan di wilayah yang rawan bencana atau banjir,” ungkap Agus.(willy nugraha_mgr)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!