Desa Wisata Serang Purbalingga Siap Jadi Tuan Rumah Jambore Pokdarwis Jateng

By: On: Dibaca: 18,283x
Desa Wisata Serang Purbalingga Siap Jadi Tuan Rumah Jambore Pokdarwis Jateng

Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga siap menjadi tuan rumah Jambore Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ke-16 Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Jambore akan diselenggarakan 26-28 Juli 2019 mendatang yang diikuti utusan 35 Pokdarwis Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga & Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Drs Sinung Nugroho Rahmadi, MM mengungkapkan, melalui Jambore pokdarwis, diharapkan para pelaku dan masyarakat luas akan semakin sadar pentingnya sapta pesona sadar wisata.

“Dengan jambore ini diharapkan juga terjadi jejaring pemasaran desa wisata, karena saat kegiatan berlangsung juga akan diundang pelaku biro wisata dan pemandu wisata serta pegiat wisata lainnya,”ungkapnya saat melakukan audiensi dengan Sekda Purbalingga Wahyu Kontardi, SH, di ruang kerja Sekda, Jum’at (10 Mei 2019) siang

Sinung mengungkapkan, di Jateng saat ini setidaknya ada 224 desa wisata dengan kearifan lokal masing-masing serta 560 pokdarwis. Konsep kegiatan jambore pokdarwis dimulai dari pre test kepada seluruh peserta, pengenalan daya tarik wisata, aksi dan tanggap sapta pesona, paparan profil, program dan tanggap sapta pesona dari masing-masing pokdarwis, fun game dan studi kasus, serta gelar produk dan kesenian dari pokdarwis se-Jateng

“Saat gelar produk diharapkan saling terjadi cross salling dan saling mengenal produk antar pokdarwis,” kata Sinung.

Sekda Purbalingga Wahyu Kontardi, SH menyambut baik gelaran Jambore Pokdarwis tingkat Jateng yang dipusatkan di Purbalingga. Dengan kedatangan para tamu se-Jateng, dapat menjadi sarana promosi wisata Purbalingga serta menggerakan ekonomi masyarakat.

“Tempat wisata yang menjadi lokasi jambore paling tidak mendapat dampak ekonomi yang positif, begitu juga dengan penginapan di homestay atau bahkan di wilayah kota Purbalingga,” kata Wahyu Kontardi.

Kepala Dinporapar Purbalingga, Yanuar Abidin menambahkan, selain melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendukung pementasan seni, kemudian dari Dinas Koperasi UKM untuk  ikut mempromosikan produk UKM, Dinas Kominfo dan Bagian Humas Setda untuk memblowup promosi kegiatan

“Pelibatan pelaku wisata dari masyarakat seperti Generasi Pesona Indonesia (Genpi), duta wisata, saka pariwisata, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), biro wisata, pengusaha hotel, pengusaha rumah makan, dan pengelola destinasi wisata lainnya,” kata Yanuar.

Mendampingi Kepala Dinas Pemuda Olah Raga & Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah  dalam audensi,  Kabid Sumberdaya Manusia & Ekraf Disporapar Jateng Trenggono, S.IP, M.Par. Kepala Dinporapar Purbalingga Yanuar Abidin, SH, dan Kabid Pariwisata Dinporapar Purbalingga Ir Prayitno, M.Si.

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!