Desa Tanalum, Desa Seribu Curug Juara 2 Festival Desa Wisata Jateng

By: On: Dibaca: dibaca 42.47Rbx
Desa Tanalum, Desa Seribu Curug Juara 2 Festival Desa Wisata Jateng

Desa Tanalum, Kecamatan Rembang yang dikenal dengan Desa Seribu Curug berhasil meraih Juara 2 dalam Festival Desa Wisata Tingkat Jateng yang berlangsung di Lapangan Garnisun Semarang, Jumat-Minggu (19-21 Juli 2019). Festival tersebut digelar oleh Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah yang diikuti 35 perwakilan desa wisata se Jateng.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Argo Lestari Desa Tanalum, M Fatah mengatakan ini bukan kali pertama Desa Wisata Tanalum mengikuti pada ajang yang serupa. Tahun 2017, Desa Wisata Tanalum juga menjadi wakil Purbalingga namun hanya bisa meraih Juara Harapan 1.

“Nah tahun ini Dinporapar Purbalingga memberi kesempatan Tanalum untuk memperbaiki dan memberi kesempatan agar bisa memberikan yang lebih baik dari Tahun 2017 dan alhamdulillah Tanalum bisa

Selain mendapatkan Juara Umum ke 2, Tanalum juga berhasil meraih Juara Terbaik Paparan Pengelolaan Desa wisata. Fatah menjelaskan konsep yang disajikan pada gelaran Festival Desa Wisata Tingkat Jateng yakni Negeri Seribu Curug.

“Karena semua objek yang kami kelola adalah air terjun, jadi di stand, kami hias mulai dari lukisan air terjun dan ada juga miniature air terjun,” ujarnya.

Pada festival desa wisata ini pihaknya dan pengelola desa wisata Tanalum juga menampilkan atraksi seni Babad tanalum dengan iringan calung,  cinderamata desa wisata berupa hasil hutan, obat dan serbuk minuman herbal, kuliner dan produk khas desa lainnya. Juga dipamerkan berbagai daya tarik wisata serta paket wisata antara lain Curug Gogor, Curug Nagasari, Curug Aul, Curug Krang, paket wisata rappeling, canyoning, outbound dan trekking.

Dengan perolehan prestasi yang diraih Desa Wisata Tanulum menjadi motivasi dan semangat untuk terus mengembangkan Desa Wisata Tanalum. Hal ini tentunya agar wisata yang dikembangkan bisa lebih baik dan lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke Desa Tanalum.

“Harapannya wisata kami bisa go nasional untuk mengharumkan wisata Purbalingga,” pungkas Fatah

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!