by

Desa Pekiringan Purbalingga Kembangkan Sentra Batik

-Update, Wanita-dibaca 4.37Rb kali | Dibagikan 10 Kali

Pemerintah Desa (Pemdes) Pekiringan sedang mengembangkan sentra batik tulis. Sekarang ada 20 pengrajin batik di yang masih eksis, namun masih mempunyai kendala didalam pewarnaan dan pemasarannya.

Baca Juga: KNPI Purbalingga dan Pemdes Pekiringan Bakal Luncurkan Walaha

Kepala Desa Pekiringan, Adi Kusumantoro mengatakan, tahun 2021 ini akan dikembangkan sentra batik yang akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berfungsi sebagai tempat pewarnaan dan penjualan batik. Sentra batik ini nantinya akan dilengkapi dengan alat-alat pewarnaan batik sekaligus juga akan di buatkan Instalasi Limbah (IPAL) agar limbah perwarnaan tidak mencemari lingkungan.

Baca Juga: 40 Ton Beras Imlek Akan Dibagikan Warga Purbalingga

“BUMDes juga akan menyediakan bahan-bahan untuk membatik, dari kain, malam, canting dan wadah malam serta kompornya juga alat cap batik. Akan dibangun galeri guna memanjang hasil batik dari para pengrajin batik, yang nantinya menjadi semacam toko batik katanya, Jum’at (19 Maret 2021)

Baca Juga: Vaksin Untuk 91.000 Lansia di Purbalingga Bertahap

Untuk penjualan BUMDesa akan bekerja sama dengan kampung marketer atau markas digital, untuk bisa secara online. Kemudian juga akan kita pasarkan di toko-toko batik di sekitar Banyumas Raya.

Baca Juga:  Bawaslu Ingatkan Soal Money Politik

Comment

Berita Lainnya