by

Desa Pekiringan Karangmoncol Siapkan Rumah Karantina Bagi Pemudik

Dua rumah karantina bakal dimiliki.Desa Pekiringan Kecamatan Karangmoncol. Rumah karantina mandiri ini disiapkan untuk  warganya yang baru mudik dari luar kota, terutama kota pandemi covid-19.

Kades Pekiringan Adi Kusumantoro mengatakan, dua unit bangunan tersebut disulap menjadi rumah karantina lengkap dengan kamar mandi atau MCK. Pengerjaan secara gotong royong sudah dilakukan 5 hari lalu dan rencana dapat ditempati mulai 26 April 2020 mendatang.

“Pembuatan rumah karantina ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, untuk setiap desa diharapkan memiliki rumah karantina bagi warga pemudik,” ungkapnya  kepada cyber media lintas24.com disela-sela kerjabakti menyiapkan rumah karantina, Selasa (21 April 2020)

Ia menambahan, penyiapan rumah karantina mandiri merupakan hasil kesepakatan dengan tim satgas Covid-19 Desa Pekiringan. Dalam rapat diputuskan untuk membuat rumah karantina. Secara gotong royong warga urunan, ada yang menyumbang kasur , tempat tidur dan lainnya.

“Intinya kami siap menyambut pemudik dan mengantisipasi penyebaran corona,” ungkapnya.

Ia merinci, ada dua bangunan yang dijadikan rumah karantina. Satu unit merupakan gedung bekas rumah dinas kepala desa dan satu unit rumah lainnya merupakan infaq dari salah satu warga desa setempat. Pengelolaan dan petugas kesehatan di rumah karantina sudah dikoordinasikan dengan pihak Puskesmas Karangmoncol. Sedangkan untuk pemantauan pemudik dan akomodasi sudah disiapkan oleh satgas covid-19 tingkat Desa Pekiringan.

“Kami ada dua tempat karantina, satu bekas rumah dinas kepala desa dan satu rumah milik warga yang tidak mudik dan rumahnya diinfaqkan untuk rumah karantina. Rumah milik warga cukup besar. Total dua rumah karantina mampu menampung 20 orang,” jelasnya.

 

 

 

Comment

Feed Berita