Dekranasda Purbalingga Gelar Batik Carnival 2018

By: On: Dibaca: 19,314x
Dekranasda Purbalingga Gelar Batik Carnival 2018

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) bekerja sama Pemerintah Kabupaten Purbalingga menggelar Batik Carnival 2018, Sabtu sore (27 Oktober 2018)).

Ketua panitia, Edi Suryono menjelaskan Batik Carnival merupakan peragaan batik lokal khas Purbalingga dengan desain kreasi busana atau kostum yang menarik pada Peringatan Hari Batik Nasional Tingkat Kabupaten Purbalingga
“Meningkatkan popularitas batik lokal dan memberikan wadah bagi desainer dan pengrajin batik purbalingga berkarya,” katanya
Edi mengatakan, dalam acara Batik Carnival 2018 digelar pula kontes foto instagram. Kontes foto tersebut dimaksud untuk untuk menyasar kaum milenial melalui sosial media instagram

“Harapannya para pegiat media social dapat mengetahui dengan cepat, sekaligus bangga terhadap batik lokal, dan akhirnya tumbuh kepedulian dan ikut melestarikan budaya batik, khususnya batik khas Purbalingga. Pengumuman juaranya tanggal 10 November nanti,” katanya.

Plt. Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengapresiasi kegiatan tesebut. Ia akan terus mendorong pembatik di Kabupaten Purbalingga untuk terus memunculkan ide kreatif dan selalu berinovasi.

“Corak Batik Goa Lawa telah sukses menjadi tren, lomba desain batik motif Wayang Suket yang kita adakan beberapa waktu yang lalu juga diharapakan juga mampu menjadi masterpiece batik Purbalingga. Ini dimaksudkan untuk memperkaya motif batik khas purbalingga,” ungkapnya.

Hasil dari Lomba Batik Carnival 2018 yaitu Juara 1 Perwakilan dari Bank Jateng, Juara 2 BPR BKK Purbalingga, kemudian juara 3 diraih SMK Negeri Bojongsari. Untuk juara harapan 1 sampai harapan 3 masing-masing diraih peserta dari PD Owabong, Inspektorat dan BKPPD. Panitia juga memilih juara favorit yang diraih peserta nomor tampil 1 yakni dari Kecamatan Bojongsari.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!