Dekranasda Adakan Lomba Batik Bagi Pelajar.

By: On: Dibaca: dibaca 94.20Rbx
Dekranasda Adakan Lomba Batik Bagi Pelajar.

 

PURBALINGGA, Dalam rangka memperingati Hari Batik yang jatuh pada tanggal 7 Oktober, Dekranasda Kabupaten Purbalingga akan menyelenggarakan Festival/Lomba Desain Motiv Batik Khas Purbalingga “Pesona Goa Lawa”. Desain motif batik yang dilombakan rencananya nanti akan digunakan sebagai Seragam Pelajar Anak Sekolah di Purbalingga. Lomba tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Oktober 2017 jam 07.30 – 12.00 Wib bertempat di Pendopo Dipokusumo.

Peserta Lomba terdiri dari siswa SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA di wilayah Purbalingga, masing-masing sekolah dapat mengirimkan minimal 1 orang pelajar dan maksimal 3 orang. Bagi peserta yang sudah pernah mengikuti kegiatan lomba tingkat Provinsi maupun Nasional tidak diperkenankan mengikuti lomba dimaksud. Desain motiv batik merupakan karya sendiri dan bukan meniru atau menjiplak desain yang sudah ada.

Motiv desain batik lebih menonjolkan Ikon Potensi Kabupaten Purbalingga dengan tema Pesona Goa Lawa, sedangkan judul desain batik singkat tapi padat makna. “Lomba tidak dipungut biaya,”ujar Ny. Erni Tasdi saat memimpin rapat persiapan lomba Batik bagi Pelajar di Gedung B Setda beberapa waktu yang lalu.

Bagi peserta lomba dapat mengambil formulir dan mengisinya dan dikirimkan ke Bagian Perekonomian Setda di Gedung B Lantai II Jalan Onje Nomor 1B Purbalingga paling lambat tanggal 5 Oktober 2017 atau melalui email ke perekonomianpbg@gmail.com “Bagi peserta yang hadir lebih awal pada acara lomba tersebut, Panitia menyediakan Doorprize,” ujar Erni Tasdi memberi semangat.

Desain motiv batik digambar pada kertas karton/gambar ukuran A3 disediakan oleh panitia, sedangkan meja kecil, pensil, ballpoin, penghapus dan pensil warna/crayon serta alat mewarnai lain diupayakan oleh peserta. Sedangkan kriteria lomba meliputi; originalitas karya desain dan kreatifitas, estetika desain dan kerapihan dan fungsional.

Penilaian lomba akan dilakukan oleh 70 pelajar yang mewakili sekolah dan 70 tamu undangan (Forkopimda, OPD, Kepala Sekolah) sedang hadiah akan disediakan oleh panitia masing-masing berupa piala dan piagam serta uang pembinaan yaitu; Juara I 3 juta, Juara II 2 juta dan Juara III 1,5 juta sedangkan Juara Harapan I 1 juta, Juara Harapan II 750 ribu dan Juara Harapan III 500 ribu. “Harapan Saya kegiatan Lomba Batik bagi Pelajar ini bisa diikuti oleh semua Sekolah yang ada di Purbalingga, sebagai bagian dari upaya menggali potensi kreativitas desain batik khususnya batik asli Purbalingga dan juga bagian dari nguri-nguri budaya batik,”pungkas Erni

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!