by

Daun Kersen Ampuh Kurangi Risiko Diabetes

-Inspirasi, Update-dibaca 7.68Rb kali | Dibagikan 118 Kali

Tanaman Kersen yang memiliki buah berwarna merah ini biasanya banyak ditemui di pinggir jalan atau pekarangan rumah. Pohon yang memiliki susunan daun yang rindang ini juga biasa dimanfaatkan untuk peneduh, karena memiliki efek sejuk apabila duduk di bawahnya.

Dilansir dari laman Healthline, kersen mengandung lemak, protein, serat, kalsium dan zat besi. Beberapa kandungan ini dipercaya efektif dalam mencegah beragam penyakit, salah satunya diabetes.

Penyakit diabetes merupakan kondisi yang ditandai dengan ciri-ciri tingginya kadar gula darah. Hal ini karena glukosa menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dan menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Apabila diabetes tidak dikontrol dengan baik maka dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang membahayakan penderita.

Simak beberapa manfaat kersen berikut ini.

Manfaat daun kersen yang pertama ialah dapat sebagai obat anti peradangan. Hal ini dikarenakan beberapa kandungan yang terdapat pada kersen berfungsi efektif dalam melawan bakteri yang dapat menimbulkan peradangan pada tubuh.

Dilansir dari laman Healthline, kersen dapat menjadi obat alternatif mengatasi radang tenggorokan atau mengobati peradangan kulit. Tidak hanya itu, ekstrak kersen juga dapat membantu mengurangi nyeri pada tubuh. Cukup dengan mengonsumsi kersen secara rutin dan teratur, maka hal ini mampu mengatasi peradangan.

Mengontrol Gula Darah

Manfaat daun kersen berikutnya ialah dapat membantu mengontrol gula darah. Daun kersen mengandung zat flavonoid dan saponin yang berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga kedua zat ini bertindak sebagai insulin alami yang diperlukan oleh tubuh dalam mengontrol kadar gula darah.

Dilansir dari laman Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun kersen memang memiliki manfaat untuk mengontrol gula darah. Percobaan dilakukan dengan mengonsumsi ekstrak daun kersen untuk menyembuhkan luka bernanah. Secara perlahan luka bernanah kering dan gula darah di dalam tubuh berangsur normal.

Mengatasi Sakit Kepala

Salah satu manfaat daun kersen selanjutnya yaitu mampu mengatasi sakit kepala. Hal ini dikarenakan daun kersen memiliki kandungan senyawa kimia seperti tannin, saponin, flavonoid dan polifanol. Beberapa zat tersebut dapat bertindak sebagai antikosidatif dan antimikroba yang berfungsi efektif meringankan sakit kepala.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun kersen ini cukup mudah. Ambil 10 lembar daun kersen yang masih segar, kemudian rebus ke dalam air 200 sekitar 15 menit. Setelah itu saring dan minum ramuan ini secara rutin hingga sakit kepala mereda.

Mencegah Tekanan Darah

 Tekanan darah yang tinggi dapat memicu berbagai macam penyakit, salah satunya stroke dan jantung. Sehingga perlu adanya upaya pencegahan dalam mengatasi tekanan darah tinggi yaitu dengan mengonsumsi ekstrak daun kersen. Pasalnya daun kersan memiliki beberapa kandungan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Cukup dengan mengonsumsi rebusan daun kersen secara rutin, maka hal ini efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah. Tentu saja ekstrak daun kersen ini hanya mampu mencegah tekanan darah, apabila tekanan darah sudah berlanjut dan parah maka efektivitasnya cenderung mengalami penurunan.

Manfaat daun kersen lainnya adalah dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan dan vitamin yang terdapat pada daun kersen mampu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi efektif dalam melawan bakteri dan kuman yang mempu mencegah berbagai macam penyakit di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya mengonsumsi ekstrak daun kersen secara rutin dan teratur. Di samping itu, dampingi dengan pola hidup sehat seperti olahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Daun kersen memiliki kandungan flavonoid dan saponin yang dapat membantu mengatasi diabetes. Pasalnya kandungan tersebut sejak lama sudah dipercaya efektif dalam membantu sekresi hormon insulin dalam tubuh. Sehingga hal ini mampu mengontrol kolesterol yang sering memicu datangnya penyakit diabetes.

Kenker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Oleh karena itu, sudah seharusnya sejak dini harus ada upaya pencegahan. Salah satu upaya pencegahan alternatif yang dapat dilakukan ialah mengonsumsi ekstrak daun kersen.

Dilansir dari laman Healthline, manfaat daun kersan salah satunya ialah menurunkan risiko penyakit kanker. Hal ini dikarenakan daun kersen mengandung senyawa tanin, flavonoid dan saponin yang merupakan senyawa antiokisdan, sehingga mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Comment

Berita Lainnya