Dandim 0702/Purbalingga, Letkol Inf Yudhi Novrizal : Budaya asing, boleh kita terima. Akan tetapi jangan sampai kehilangan identitas diri

By: On: Dibaca: dibaca 1.86Rbx
Dandim 0702/Purbalingga, Letkol Inf Yudhi Novrizal : Budaya asing, boleh kita terima. Akan tetapi jangan sampai kehilangan identitas diri

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0702/Purbalingga, Letkol Inf Yudhi Novrizal, menyatakan menjalankan tugas dan perannya sesuai dengan posisi atau status/ jabatan adalah bagian dari nasionalisme.Laksanakan peran sesuai waktu dan tempat yang tepat itu sudah menjadi bagian dari nasionalisme. Karena dengan demikian berarti sudah membantu bangsa dan Negara. Tentunya harus sesuai batasan-batasan hukum yang berlaku

Hal itu disampaikan, Letkol Inf Yudhi Novrizal saat menjadi narasumber pada acara Saresehan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) se-Kabupaten Purbalingga, Kamis (21 Nopember 2019) di Pendopo Dipokusumo.

Ia mencontohkan, ketika sedang mengikuti saresehan, maka peran yang sesuai adalah mendengarkan/bertanya jawab, atau menyampaikan ide gagasan. Ketika menjadi Komandan Kodim maka harus melaksanakan tugas, pokok dan fungsi kedinasan/kemiliterannya. Ketika menjadi seorang bapak, maka harus mengayomi keluarga.

“Kalau sudah kerja sesuai perannya, maka roda akan berjalan, organisasi akan berjalan. Karena bekerja dengan profesional, berarti kenal dengan diri sendiri,” katanya

Dandim Letkol Inf Yudhi Novrizal berpesan untuk berhati-hati dalam memanfaatkan teknologi di Era Revolusi Industri 4.0.

“Budaya asing, boleh kita terima. Akan tetapi jangan sampai kehilangan identitas diri. Kita saring dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD45,” katanya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menjelaskan, melalui saresehan ini diharapkan bisa saling menyamakan persepsi khususnya seluruh elemen masyarakat termasuk Ormas.

“Sehingga saling bersinergi bersama bergerak bareng membangun Purbalingga tentunya sesuai dengan fungsi masing-masing Ormas,” katanya.

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi menambahkan, Ormas di Purbalingga berkenan memberikan gagasan untuk membangun Purbalingga. Pemerintah Kabupaten Purbalingga akan senantiasa terbuka terhadap masukan yang ikut kontribusi dalam suksesnya pembangunan, pemerintahan dan  kemasyarakatan.

“Berkat peran dari jajaran TNI/Polri dan Ormas, saat ini kondusifitas Kabupaten Purbalingga senantiasa terjaga. Saya berharap, kondusifitas ini bisa terjaga di tengah kebhinekaan yang ada untuk menjalin persatuan dan kesatuan bangsa,” tuturnya.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Purbalingga, Drs Faturrahman MSi selaku penyelenggara, menyampaikan saresehan ini mengambil tema ‘Peran Serta Organisasi Kemasyarakatan dalam Meningkatkan BNasionalisme dan Patriotisme Mewujudkan Persatuan NKRI’.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah menjalin komunikasi dalam rangka mencari berbagai solusi persoalan pembangunan dan kemasyarakatan bersama berbagai Ormas di Purbalingga,” katanya.

Adapun yang menjadi peserta saresehan kali ini seluruh Ormas yang ada, seperti, Bela Negara, Aisyiyah, Muslimat NU, RAPI, Kokam, Banser dan sebagainya. Sedangkan yang menjadi narasumber kali ini yakni, dari Kodim 0702 Purbalingg, Polres Purbalingga dan Kejaksaan Negeri Purbalingga

 

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!