by

Cinema Lovers Community Siap Gelar Festival Film Purbalingga 2020

-Budaya, Update-dibaca 8.54Rb kali | Dibagikan 70 Kali

Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga bakal kembali menggelar Festival yang menginjak tahun ke 14 kali ini bakal digelar pada 4 Juli-1 Agustus 2020. CLC merilis jadwal Festival Film Purbalingga (FFP) 2020, Kamis malam (2 Januari 2020).

Direktur FFP, Bowo Leksono mengatakan, rilis yang lebih awal ini diharapkan dapat mendorong para pelajar menyiapkan karyanya jauh hari sebelum festival digelar. Dengan persiapan yang lebih matang, garapan mereka tentu diharapkan lebih baik.

“Mereka juga bisa mempersiapkan karya yang lebih berkualitas dengan jangka waktu yang lebih panjang. Selain itu, film-film mereka juga bisa berlaga di kompetisi-kompetisi lain yang bergengsi sepanjang tahun 2020,” ujarnya, Jumat (3 Januari 2020).

Dia mengatakan, festival ini akan tetap hadir dengan sejumlah program unggulan. Selain kompetisi film pelajar tingkat SMA/SMK, program Layar Tanjleb berkeliling ke desa-desa di Banyumas Raya dan Kebumen juga tetap menjadi agenda utama.

“Tahun ini masih ke 18 desa di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen (Barlingmascakeb). Layar tanjleb ini masih menjadi program yang ditunggu masyarakat karena menjadi hiburan bagi warga,” kata dia.

Bowo mengatakan, penyelenggaraan festival ini melibatkan kerja komunitas film seperti Sangkanparan Cilacap dan Sinema Kedung Kebumen. Bersama CLC Purbalingga, kesemuanya merupakan bagian dari Jaringan Kerja Film Banyumas Raya (JKFB).

“Program utama yakni Kompetisi Film Pelajar (setara SMA) Barlingmascakeb. Kompetisi dengan kategori film pendek fiksi dan film dokumenter ini lahir produk film khas Banyumasan yang setiap tahun mampu berbicara di kompetisi film tingkat nasional,” ungkapnya.

Comment

Berita Lainnya