Cilacap Siap Wujudkan Smart City

By: On: Dibaca: dibaca 45.39Rbx
Cilacap Siap Wujudkan Smart City

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap bakal segera merealisasikan program smart city. Nantinya, Pemkab Cilacap bakal segera mengintegrasikan seluruh jaringan komunikasi untuk semua organisasi perangkat daerah (OPD). Hal ini sebagai upaya dukungan, direalisasikannya program smart city di Cilacap.

“Saat ini menyebar kemana-mana, semua punya aplikasi masing-maisng. Dengan penerapan smat city ini, akan lebih mudah. Jika nanti ada OPD diam saja, pasti akan dievaluasi. Mudah-mudahan jika semua online akan efisien, efektif, dan mudah pengawasannya,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf

Kepala Diskominfo Kabupaten Cilacap, M Wijaya mengakui, masih ada webiste yang belum update. Untuk itu, Diskominfo nantinya akan mempelopori agar selalu update dan memberikan informasi kepada masyarakat.

“Masih butuh dukungan lagi dan memang pengelola website butuh bintek. Tetapi yang lebih penting lagi adalah komitmen kita,” ujarnya.

Wijaya juga menyampaikan, saat ini seluruh kecamatan termasuk Kampung Laut sudah terakses internet. Ke depan, kata dia, Komifo akan memfasilitasi desa-desa meskipun anggaran dari Pemkab tidak memungkinkan.

Masterplan Smart City, akan mulai digarap oleh Pemkab Cilacap bekerjasama dengan Institu Teknologi Surabaya. Nantinya, SmartCity ini akan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan publik supaya lebih efektif dan efisien. Dalam penerapannya Smart City terdiri dari enam pilar, yakni smart governace, smart living, smart people, smart economy, smart environment, dan smart mobility.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!