Cilacap dan Kebumen Digoyang Gempa Magnitudo 4,7, Tak Berpotensi Tsunami

By: On: Dibaca: dibaca 28.45Rbx
Cilacap dan Kebumen Digoyang Gempa Magnitudo 4,7, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 4,7 terasa di wilayah Cilacap dan Kebumen dengan skala intensitas II MMI, Minggu (25 Agustus 2019) pukul 19.48 WIB. Pusat gempa berada pada koordinat 8,30 LS dan 108,87 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 kilometer barat daya Cilacap dengan kedalaman 49 kilometer.

Kepala Kelompok Teknisi Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Meterologi Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan, dari hasil analisis BMKG, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng IndoAustralia dan Eurasia. Hingga pukul 20.10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Tidak berpotensi tsunami,” katanya

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Tri Komara Sidhy mengungkapkan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

 

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!