by

Cilacap Akan Canangkan Car Free Night

-Daerah-dibaca 158.38Rb kali | Dibagikan 124 Kali

Alun-alun Cilacap

CILACAP – Polres Cilacap bersama Pemkab Cilacap akan mencanangkan Car Free Night. Program tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu malam di sekitar Alun-alun Cilacap.

Kabag Humas Setda Cilacap Taryo mengatakan hal tersebut usai mengikuti rapat di Aula Mapolres Cilacap, Rabu (11/11).

Menurutnya, Car Free Night akan diuji coba pada Sabtu (15/11) mendatang. Untuk kepentingan tersebut, beberapa ruas jalan akan ditutup mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 23. 00 WIB.

Ruas jalan yang akan ditutup adalah Jalan Jenderal Soedirman sebelah barat ditutup mulai pintu masuk Makodim 0703/Cilacap dan di sebelah timur depan SMPN 8 Cilacap. Jalan Ahmad Yani depan poslantas ditutup, dan Jalan Masjid serta Jalan Mataram di utara alun-alun ditutup.

Rekayasa lalu lintas atau pengalihan arus selama Car Free Night akan dilakukan Polres Cilacap bersama Dishubkominfo dan Satpol PP.

“Selama Car Free Night, Alun-alun Cilacap bersih dari para pedagang jenis apapun, karena para pedagang yang berjualan akan ditempatkan di ruas-ruas jalan yang sudah ditutup tersebut. Jadi, bagi warga yang berada di alun-alun dan  ingin menikmati kuliner kesukaannya, silakan mencari ke jalan dimana pedagang berada,” jelas Taryo.

Namun demikian, diminta agar semua pihak  termasuk para pedagang bisa menjaga ketertiban, keindahan, dan kebersihan lingkungan. “Artinya, kalau kondisi saat datang lingkungannya bersih, maka saat pulang pun harus bersih,” tandasnya.

Program tersebut baru uji coba sehingga dalam perkembangannya akan terus dievaluasi, khususnya terhadap kekurangan-kekurangan yang ada.

Seperti diketahui, setiap Sabtu malam, Alun-alun Cilacap menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi masyarakat, baik untuk sekadar berkumpul dengan keluarga, momong anak, kongkow, atau menikmati kuliner khas Cilacap.

“Sesungguhnya, Car Free Night ini merupakan salah satu upaya memberi kenyamanan kepada masyarakat dalam menikmati malam Minggunya melalui pengaturan arus lalu lintas dalam jangka waktu tertentu,” tutup Taryo. (estanto)

Comment

Berita Lainnya