Cetak Guru Profesional, FKIP UMP Tugaskan Dosen di Sekolah

By: On: Dibaca: 11,484x
Cetak Guru Profesional,  FKIP UMP Tugaskan Dosen di Sekolah

Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bersiap untuk melaksanakan Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) dengan mengadakan sosialisasi dan koordinasi program penugasan dosen di sekolah, Slasa (26/6/2018). Acara digelar di Ruang Sidang FKIP, Gedung E, Kampus 1 UMP.

Kegiatan sosialisasi dan koordinasi ini diikuti 27 guru mitra PDS se-Kabupaten Banyumas. Acara dibuka langsung oleh rektor UMP Dr. Syamsuhadi Irsyad, dalam sambutannya ia mengungkapkan pentingnya peningkatan mutu pendidikan di daerah baik dari tingkat dasar maupun tingkat menengah, khususnya di Kabupaten Banyumas.

“Di era saat ini meningkatkan mutu pendidikan merupakan suatu keharusan guna meningkatkan mutu SDM yang baik, FKIP sebagai suatu lembaga pencetak tenaga pengajar di wilayah Kabupaten Banyumas perlu kita dukung dengan semangat kerjasama dan komunikasi serta koordinasi yang baik untuk mencapai tujuan yang dikehendaki,” ujarnya.

Rektor mengatakan, penugasan dosen di sekolah atau disngkat PDS merupakan kebijakan yang menguntungkan baik bagi UMP maupun bagi sekolah mitra. Menurutnya program PDS membutuhkan komitmen dosen untuk mengalami dan menjadi guru di sekolah mitra.

“Kegiatan sosialisasi dan workshop pada hari ini merupakan kegiatan yang sangat penting. Program Penugasan Dosen di sekolah harus bisa di pahami bersama baik para dosen yang akan ditugaskan dan sekolah yang akan menjadi mitra tempat penugasan dosen di sekolah,” tandasnya.

Dijelaskan, menjadi guru di sekolah bagi seorang dosen adalah hal baru. Dosen perlu menyesuaikan dengan berbagai hal yang biasa berlaku di sekolah. Penugasan dosen di sekolah juga mengandung permasalahan baru bagi sekolah, yaitu apakah dosen yang bertugas dapat menyesuaikan dengan lingkungan yang sangat berbeda dengan tempat tugasnya di perguruan tinggi.

“Penugasan Dosen di Sekolah adalah bagian tak terpisahkan dalam upaya mengalirkan kualitas pendidikan di segala lini. Perkembangan yang pesat dalam hal teori pembelajaran yang dikaji di perguruan tinggi perlu disebarluaskan melalui program pebugasan dosen di sekolah,” ungkapnya.

Sementaara itu ketua program PDS, Budiyono menjelaskan PDS merupakan program dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Dirjend Kemristek Dikti yang terus direvitalisasi guna mengembangkan guru-guru professional.

“Program PDS ini merupakan program dari LPTK dikti yang bertujuan untuk mencetak guru-guru yang profesional, yang mana program ini merupakan keinginan dari pemerintah agar program profesi guru  (PPG) yang ketat dan bermutu, sehingga bisa mencetak profesi guru yang bagus dan bermutu,” jelas Budiyono.

Budiyono juga menuturkan program PPG yang sedang berjalan dan yang akan berjalan sebab pada tahun ini FKIP akan menerima 2 gelombang PGG dalam jabatan yang terbagi dalam dua tahap, “PPG ada dua jenis yaitu subsidi dan juga PPG dalam jabatan, di mana PPG dalam jabatan akan belaksakan dalam dua tahap yang mana tahap pertama sudah mulai berjalan sedangkan tahap kedua masih dalam proses verifikasi”,ucapnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!