Bupati Tasdi Perintahkan Masyarakat Pasang Bendera Merah Putih dan Layur

By: On: Dibaca: 147,282x
Bupati Tasdi Perintahkan Masyarakat Pasang Bendera Merah Putih dan Layur

P1030894

Usia Indonesia terus bertambah. Sudah 71 tahun Indonesia merdeka. Tapi jiwa nasionalisme dan rasa patriotisme masyarakat terlihat mulai terkikis. Memasang bendera Merah Putih di depan rumah saat 17 Agustus seperti bukan kewajiban.

Keprihatinan itu diungkapkan Bupati Purbalingga H Tasdi SH MM saat melakukan peninjauan pemasangan bendera Merah Putih dan layur merah putih dibeberapa ruas jalan protocol, kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), BUMN dan PDAM Purbalingga, Selasa (2 Agustus 2016).

“Peringatan HUT RI merupakan momentum penting bagi Indonesia. Masyarakat harus terus mengingat perjuangan para pendahulu kita dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Caranya, ya wajib memasang bendera Merah Putih,”tegas Bupati Tasdi kepada lintas24.com dan elemen.

P1030873

Bupati Tasdi menilai, ada kecenderungan warga mulai meninggalkan kebiasaan memasang bendera Merah Putih saat 17 Agustus. Padahal dalam UU telah diwajibkan. Bila tak disikapi, lambat laut masyarakat bakal malas menunaikan kewajibannya tersebut.

“Ambil contoh, sepanjang jalan prototol Jenderal Sudirman, banyak toko-toko, masa nggak bisa memasang umbul-umbul sedikitnya 2 buah, disamping wajib memasang bendera Merah Putih. Nanti siang, saya akan panggil Camat Purbalingga beserta para lurah agar bergerak melakukan pemasangan bendera Merah Putih,”tegas Bupati Tasdi.

Bupati menegaskan, setiap warga Indonesia wajib mengibarkan bendera Merah Putih saat Hari Kemerdekaan, 17 Agustus. Kewajiban ini diatur dalam Pasal 7 ayat (3) dan ayat (4) UU Nomor 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

“Bagi Camat, agar menyampaikan instruksi ini kepada seluruh Instansi Pemerintah maupun Swasta, Lurah dan Kades diwilayah masing-masing,” Kata Bupati Tasdi.

Bupati Tasdi juga mendorong seluas mungkin parakarsa dan kreatifitas masyarakat Purbalingga dalam penyelenggaraan acara-acara guna menyemarakkan dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, di masing-masing lingkungan dengan mengedepankan hiburan khas daerah atau tradisional.

“Supaya hakekat dan esensi peringatan dari masyarakat dan untuk masyarakat dapat benar-benar terwujud. Dan sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang yang telah mendahului kita,”tegas Bupati Tasdi (Muhammad noor)

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!