by

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi Salurkan  Dana Program Purbalingga Pintar Untuk 1156 Siswa SMP

-Daerah, Pendidikan, Update-dibaca 6.90Rb kali | Dibagikan 51 Kali

Kebijakan pemerintah pusat saat ini banyak berfokus pada upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), salah satunya melalui sektor pendidikan. Karena maju mundurnya suatu bangsa, banyak ditentukan bagaimana SDM-nya.

“Oleh karenannya saat ini banyak bantuan pendidikan, baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten. Seperti yang kita serahkan kali ini, Program Purbalingga Pintar (PIP) adalah bantuan dari pemerintah Pusat,” tutur Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi saat menyerahkan buku tabungan PIP di Balai Desa Bedagas, Kecamatan Pengadegan. Kamis (5 Maret 2020)

Ia mengungkapkan, fasilitas pendidikan yang telah diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah salah satunya sekolah gratis untuk SMA/SMK negeri. Sementara untuk Pemerintah Kabupaten Purbalingga juga memiliki program biaya pendidikan untuk Anak Usia Sekolah Tidak Sekolah (AUSTS) agar anak putus sekolah bisa kembali bersekolah.

“Mudah mudahan bantuan ini bermanfaat, baik bagi pelajar maupun orang tua wali murid,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga, Ir Setiyadi MSi menyampaikan, tahun 2020 ini, siswa SMP di Purbalingga mendapatkan alokasi 1156 penerima.

“Untuk tahap XVIII keseluruhan Sekolah Menengah Purtama (SMP) di Purbalingga mendapat alokasi dana PIP sebanyak 1156 penerima,” katanya,.

PIP adalah pemberian bantuan tunai pendidikan dari pemerintah pusat kepada anak usia sekolah yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin yang memiliki Kartu Keluarga Sejahterea, dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH). PIP juga memprioritaskan bagi anak usia sekolah yang termasuk yatim piatu, penyandang disabilitas, serta korban bencana/musibah. PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah.

“Besaran bantuan yang diberikan, untuk kelas VII sebesar Rp 375.000 dan kelas VIII – IX sebesar Rp 750.000 per siswa per tahun,” katanya.

 

Comment

Berita Lainnya