by

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi Pantau Persiapaan Pilkades Serentak

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengunjungi 26 Calon Kepala Desa (Cakades) yang tersebar di 9 Desa dalam 6 wilayah Kecamatan. Kunjungan ini sekaligus pemantauan wilayah menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) sekaligus mengajak para Cakades untuk bersama-sama menjaga kondusifitas di desanya masing-masing.

“Besok, Minggu (8 Maret 2020) kita akan melaksanakan pesta demokrasi Pilkades. Kami mengajak seluruh calon kepala desa untuk sama-sama berkomitmen mewujudkan pemilihan kepala desa yang aman dan damai serta dapat berlangsung kondusif,” tutur Dyah Hayuning Pratiwi kepada cyber media lintas24.com disela-sela roadshow, Jumat (6 Maret 2020).

Dyah Hayuning Pratiwi menuturkan, dalam kontestasi politik seperti Pilkades tentu ada perbedaan pilihan diantara masyarakat. Namun demikian perbedaan pilihan itu diharapkan tidak sampai menimbulkan gesekan yang justru akan memecah belah kerukunan masyarakat diwilayahnya.

“Beda pilihan dalam berdemokrasi adalah hal biasa, sehingga Saya mengajak seluruh calon kades agar menghimbau para pendukungnya untuk senantiasa menjaga kondusifitas. Para cakades juga harus siap menang dan siap kalah,” katanya.

Terkait pengamanan pilkades, Bupati menuturkan pihaknya bekerjasama dengan unsur pengamanan seperti Polri, TNI, jajaran Satpol PP, Linmas dan lainnya yang siap mengamankan pilkades dan menjaga kondusifitas wilayah selama berlangsungnya proses pesta demokrasi di tingkat desa.

“Tadi pagi (6 Maret 2020).dilaksanakan Apel  Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak, di halaman Mapolres Purbalingga. Sedikitnya ada 400 personel siap diterjunkan untuk mengamankan pilkades serentak,” jelasnya.

“Masing-masing desa sudah kita petakan kerawanannya. Baik dari sisi potensi kampanye hitam, politik uang, pasca pengumuman hasil ujian dan sebagainya,” lanjutnya.

Roadshow Bupati jelang pilkades serentak sudah dilaksanakan sejak Rabu (4 Maret 2020) di Desa Kalitinggar Kidul Kecamatan Padamara. Kunjungan dilakukan kepada 5 calon kades yang ada di desa itu. Kemudian Kamis (5 Maret 2020) kunjungan ke Desa Pangempon Kecamatan Kejobong yang akan diikuti 2 cakades. Roadshow dilanjutkan pada Jumat (6 Maret 2020) 8 desa lainnya. Meliputi Kecamatan Kemangkon di desa Karangkemiri yang diikuti 2 calon kades, Pelumutan 3 cakades dan Muntang 3 cakades.

Wilayah lainnya, meliputi Kecamatan Bojongsari di Desa Banjaran yang diikuti 5 calon kades, kemudian Kecamatan Mrebet di Desa Mangunegara dengan 2 calon kades dan terakhir di Kecamatan Karanganyar yang dilaksanakan di Desa Lumpang dan Maribaya masing-masing diikuti 2 calon kades.

 

 

Comment

Feed Berita