Menu
Media Online Terpercaya

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi Monitoring warga Isoman di Selabaya

  • Share

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi bersama Forkopimda kembali mengunjungi salah satu desa dengan kasus aktif Covid-19 tinggi, yakni Desa Selabaya, Kecamatan Kalimanah, Selasa (6 Juli 2021). Lokasi yang dikunjungi tepatnya di RT 2 dan 4 RW 5 dimana sebanyak 44 warga menjalani isolasi mandiri.

Kunjungan Satgas Covid-19 Kabupaten Purbalingga ini untuk memastikan apakah mereka yang menjalani isolasi mandiri telah mendapatkan pengawasan dan perhatian yang ketat dari Satgas Jogo Tonggo ataupun tenaga kesehatan atau belum. Kunjungan ini juga guna menyemangati warga yang isolasi agar tetap menjaga kesehatannya.

Dilakukan juga penempelan stiker penanda untuk rumah yang terdapat warga sedang menjalani isolasi mandiri.

“Kegiatan pemasangan stiker ini agar mudah dalam rangka memonitor tentang perkembangan kesehatan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Agar kedepannya bisa kita pantau hingga hasil akhirnya,” kata Komandan Kodim 0702/Purbalingga Letkol Inf Decky Zulhas SH MHan.

Stiker yang ditempelkan bertuliskan informasi ‘Penghuni Rumah Ini Sedang Melakukan Isolasi Mandiri’. Selain itu juga terdapat kolom nomor, nama, tanggal mulai Isoman dan tanggal selesai Isoman.

“Besok rencana akan dilaksanakan penyuntikan multivitamin terhadap masyarakat yang terkonfirmasi positif. Mudah-mudahan pemberian multivitamin ini bisa mempercepat penyembuhan dari positif menjadi negatif dan sehat kembali,” katanya.

Isolasi mandiri

Bidan Desa Selabaya, Marisha Eka menjelaskan, di Desa Selabaya saat ini terdapat 49 kasus aktif Covid-19.”Sebanyak 3 orang diantaranya sembuh, 2 orang meninggal, dan 44 orang menjalani isolasi mandiri,” lanjutnya.

Ia menambahkan, sebanyak 44 orang yang menjalani isolasi mandiri umumnya berasal dari klaster keluarga, klaster pekerja pabrik, dan lainnya. Mereka terus mendapatkan pemantauan dari tenaga kesehatan dan perhatian dari Satgas Jogo Tonggo.

“Kami sudah memantau setiap harinya, keadaan yang isoman semuanya sehat. Yang meninggal dulu di rumah sakit karena faktor lansia dan punya penyakit komorbid,” katanya.

Selain memantau Desa Selabaya, Satgas Covid-19 Kabupaten Purbalingga juga memantau perkembangan hari ke-14 penerapan lockdown dan isolasi mandiri di Desa Brecek, Kecamatan Kaligondang. Hasil pemantauan sebagian besar warga sudah dinyatakan sembuh dan sebagian tengah menjalani Rapid Test Antigen karena telah selesai menjalani isolasi mandiri.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Polres Purbalingga karena sebelumnya telah memberikan vitamin kepada warga Brecek yang isolasi mandiri. Alhamdulillah hasilnya sangat menggembirakan, dari sekitar 71 masyarakat yang terpapar, 35 orang diantaranya sembuh. Sisanya sedang ditest, masih menunggu hasil, semoga hasilnya negatif,” kata Bupati

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *