Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi Ingin Masyarakat Minum Kopi Asli Purbalingga

By: On: Dibaca: dibaca 63.64Rbx
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi Ingin Masyarakat Minum Kopi Asli Purbalingga

Baca Juga: Johari Effendi – Minum Kopi Adalah Pengalaman

Baca Juga: Ashari Kimiawan, Maestro Kopi dari Dusun Jambenom

Terobosan kekinian dalam upaya membangkitkan produksi kopi Purbalingga dilakukan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. Ia mengajak untuk para instansi-instansi pemerintah wajib menggunakan produk kopi yang ditanam, diolah dan diproduksi oleh para pelaku kopi dari Purbalingga. Daripada menggunakan produk kopi sachet ternama lain.

Baca Juga:Budaya Minum Kopi, Hanya di Aceh Tempatnya

“Dalam rangka mendukung kopi Purbalingga untuk kembali bangkit berjaya. Maka nanti saya akan membuat Surat Edaran, khususnya kepada para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), jadi panjenengan ini ketika akan minum kopi harus menggunakan kopi asli Purbalingga,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat memberikan sambutan pada acara Festival Kopi Purbalingga #2, di Halaman GOR Goentoer Darjono, Jumat (8 Nopember 2019)

Baca Juga:Festival Kopi Purbalingga #2 Kembali Digelar

Baca Juga: Black’suta Coffee Rekatkan Persaudaraan

Ketua Komunitas Ruang Kopi Purbalingga, Azhari Kimiawan mengatakan festival ini sebagai pertanda kebangkitan kembali kejayaan kopi di Purbalingga. Sebab jika menelisik masa lalu, Purbalingga pernah menjadi penyumbang kopi terbesar di Karesidenan Banyumas.

Baca Juga:Gula Kelapa Organik Asal Purbalingga Bakal Terbang Ke Rusia

“Lambat laun pesona kopi kita turun sangat lama, hingga trend kopi dunia sampai ke Purbalingga, 2-3 tahun belakangan kembali bangkit, ditandai dengan munculnya jumlah pelaku kopi signifikan. Tahun 2016 ada 6, tahun 2017 ada 12, 2018 ada 28 dan terakhir ini ada 42 kedai kopi di kota Purbalingga,” katanya.

Dalam  festival ini, Bupati mendapatkan kesempatan untuk mempraktikan cara menyeduh kopi yang baik dan benar, dipandu langsung oleh barista/sang ahli. Adapun kopi yang diseduh Bupati adalah jenis Robusta dari Desa Cendana (Kutasari).

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!