Menu
Media Online Terpercaya

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi Berbagi Cara Gunakan Media Online untuk Bangkit dari Pandemi

  • Share
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) saat menjadi narasumber dalam Pojok Literasi bertema 'Pemanfaatan Media Online dalam Memperkuat Perekonomian di Era Pandemi Covid-19', Jumat (12 November 2021).
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) saat menjadi narasumber dalam Pojok Literasi bertema 'Pemanfaatan Media Online dalam Memperkuat Perekonomian di Era Pandemi Covid-19', Jumat (12 November 2021).

Pemerintah Kabupaten Purbalingga terus mendorong pemanfaatan media online sebagai sarana untuk meningkatkan pemasaran produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Karena, era digital saat ini menuntut semua sektor berbenah, temasuk ekonomi

“Oleh karena itu, dunia digital tak terelakan harus dikuasai, termasuk oleh para pelaku UMKM. Era 4.0 ini hampir semua orang sudah menjangkau akses internet.,” ujar Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) saat menjadi narasumber dalam Pojok Literasi bertema ‘Pemanfaatan Media Online dalam Memperkuat Perekonomian di Era Pandemi Covid-19’, Jumat (12 November 2021).

Bupati Tiwi mengatakan, berbagai upaya pemerintah daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lewat dunia digital. Pertama, ada program Tuka-Tuku Produk UMKM Purbalingga yang sudah bekerjasama dengan marketplace terkemuka Bukalapak.

“Tuka-Tuku sejak dilaunching pada 31 Agustus 2019 sudah mencatatkan transaksi 1.531 dengan omset lebih dari 400 juta rupiah,” katanya pada acara yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan DPR RI

Kemudian, Tuka-Tuku juga sudah bekerjasama dengan minimarket untuk memasarkan produk-produk UMKM lokal.

Kedua, program Jujag-Jujug yang memfasilitasi pembelian kebutuhan pokok di pasar. Penjual memperluas pasarnya lewat online, pembeli dimudahkan karena tinggal pesan dari rumah.

“Selain itu, Jujag-Jujug juga memberdayakan para ojek online sebagai tenaga pengantar,” imbuhnya.

Selanjutnya program ketiga adalah Warung Buntil yang merupakan akronim dari ‘Warung Bunda Tiwi Laris’ manis.

“Saya mempromosikan produk UMKM melalui akun instagram pribadi yang followernya cukup besar, Alhamdulilah bisa membantu para membantu pelaku UMKM,” ujarnya.

Selain itu, Bu Tiwi juga menyebutkan Kampung Marketer yang diinisiasi oleh Novi Bayu Darmawan di Karangmoncol yang berhasil memberdayakan masyarakat untuk memanfaatkan dunia digital sebagai akselerator perekonomian.

Dalam kesempatan itu, Anggota DPR RI Utut Adianto mengapreasiasi berbagai macam kebijakan yang dijalankan oleh Pemkab Purbalingga di bawah kepemimpinan Bupati Tiwi.

“Bu Tiwi meski masih muda, saya tahu beliau luar biasa kebijakannya dalam memajukan Purbalingga termasuk sektor perekonomiannya,” ujar Anggota DPR yang mewakili Purbalingga itu.

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *