by

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi Bagikan Masker Usai Upacara HUT ke 75 Republik Indonesia

-Daerah, Update-dibaca 5.18Rb kali | Dibagikan 18 Kali

Usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke 75 Republik Indonesia Senin (17 Agustus 2020). Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) membagikan masker kepada masyarakat. Pembagian masker dilaksanakan di seputar alun-alun Purbalingga.

“Acara ini memang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK seluruh Indonesia secara serentak usai upacara,” kata Tiwi kepada media siber lintas24.com, Senin (17 Agustus 2020).

Upacara HUT ke 75 RI tingkat Kabupaten Purbalingga  tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Pandemi covid-19 menjadikan pelaksanaan upacara yang berlangsung di halaman pendapa Dipokusumo, menerapkan protokol kesehatan yang ketat.  Seluruh peserta upacara harus melalui penyemprotan desinfektan, termasuk penggunaan masker.

Bupati Tiwi selaku Inspektur Upacara  membacakan amanat dari Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pada amanat itu Ganjar menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Dusun Girpasang, Kemalang, Kabupaten Klaten.

“Ini Dusun terpencil yang terletak di Lereng Merapi. Untuk mencapai Dusun ini, saya mesti berjalan kaki naik turun bukit menapaki seribu lebih anak tangga. Ngos-ngosan dan sangat melelahkan, ” ujar Tiwi saat membacakan amanat Gubernur.

Lanjut Bupati Tiwi, rasa lelah itu hilang ketika bertemu Mbah Padmo Darsono yang usianya sekitar 70 tahun. Mbah Padmo begitu bersemangat mengajak Gubenur Ganjar masuk ke rumahnya yang sangat sederhana.

Saat ngobrol, kata Tiwi, mbah Padmo memberikan nasehat kepada Ganjar. Nasehat itu berupa jangan mudah mengeluh karena kondisi. Ojo sambat lan ojo ngeluh. Ojo mandeg senajan dengkul wis ndredheg.

Bupati Tiwi juga mengajak seluruh masyarakat Purbalingga agar mementum Hari Kemerdekaan dijadikan momen untuk meningkatkan semangat kejuangan 45, semangat nasionalisme dan semangat cinta tanah air untuk mewujudkan Purbalingga Maju Indonesia Maju.

“Meski peringatan Hari Kemerdekaan dilaksanakan ditengah keprihatinan bangsa atas kondisi pandemi akan covid-19, tetapi janganlah hal ini memudarkan semangat kita, persatuan dan kesatuan harus terus kita jaga.” pungkasnya.

Bupati beserta Forkompinda dan pimpinan OPD  juga mengikuti detik detik proklamasi secara virtual langsung dari Istana Negara Jakarta.

 

 

Comment

Berita Lainnya