by

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi: Apoteker  Punya Peran Strategis Melawan Covid-19

-Daerah, Inspirasi-dibaca 8.81Rb kali | Dibagikan 21 Kali

Apoteker sebagai bagian dari tenaga kesehatan mempunyai peran yang sangat vital. Apoteker juga memiliki fungsi dan kompetensi untuk menjamin penggunaan obat yang rasional, yaitu penggunaan obat yang aman, efektif dan juga akseptabel dengan mempertimbangkan risiko dan manfaat yang ada

Hal itu diungkapkan Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, saat menjadi narasumber seminar virtual bertajuk “Kesiapan Apoteker dalam Pandemi Covid-19”. yang diselanggarakan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) (IAI) Cabang Purbalingga, Minggu (23 Agustus 2020).

“Di kala masa-masa krisis pandemi seperti ini, peran Apoteker sangat penting dan diperlukan selain tenaga medis dokter dan para perawat. Apoteker memiliki peran strategis sebagai salah satu garda terdepan dalam upaya penanganan dan pencegah penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Ia juga menuturkan, bahwa apoteker profesional mampu memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan yang optimal, berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat  dalam pembelian obat yang rasional dan bijak, juga memberikan edukasi bahaya Covid-19 dan pola hidup sehat dimasa pandemi.

“Peran edukasi ini harus terus dijalankan oleh semua pihak yang terkait, termasuk para apoteker. Karena masih saja ada yang tidak percaya terhadap bahaya Covid-19. Melalui edukasi informasi, akan mengurangi berita hoax yang beredar di tengah-tengah masyarakat sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi yang akurat dan pada akhirnya masyarakat akan dapat bertindak dengan benar,” tegasnya.

Bupati juga menambahkan, secara klinis Apoteker harus memastikan pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit dapat terlaksana secara optimal dan sesuai protokol. Kemudian apoteker juga berperan aktif dalam pemberian terapi yang bermutu, rasional dan bijak kepada pasien. Dari sisi peran distributor, Apoteker harus memastikan produk yang dikeluarkan seperti obat-obatan, desinfektan, hand sanitizer dan lainnya mudah dijangkau serta aman.

“Saat awal pandemi Covid-19, kebutuhan desinfektan, masker, hand sanitizer sangat sulit didapatkan di apotik. Disini peran Apoteker diuji untuk menjaga ketersediaan barang-barang yang dibutuhkan masyarakat maupun rumah sakit,” tambahnya.

Selain Bupati Purbalingga, tampil juga beberapa narasumber lain dalam kesempatan itu, yakni Dokter Spesialis Paru dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyumas, Joko Susilo, Pemilik Seven Group, Fitri Faisal Janan, dan Pengurus Cabang IAI Purbalingga, Sapto Aji Wibowo.

Acara tersebut dirangkai dengan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) IAI Purbalingga yang dihadiri 843 peserta dari Purbalingga dan sejumlah kota di Indonesia baik di Pulau Jawa, Sumatera, NTB, Sulawesi Selatan, Papua, Lampung, Kalimantan dan kota-kota lainnya.

Editor : Rizky Riawan Nursatria

 

Comment

Berita Lainnya