by

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi Ajak Masyarakat Keluar Zona Merah Covid-19

-Daerah, Update-dibaca 4.14Rb kali | Dibagikan 100 Kali

Kabupaten Purbalingga, saat ini masih masuk zona merah Korona dengan pasien terbanyak kelima di Jawa Tengah. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 tingkat Kabupaten terus berupaya menekan penyebaran virus ini.

“Saya mengajak seluruh masyarakat di Purbalingga untuk keluar dari zona merah. Mari kita bersama-sama untuk bahu membahu mencegah penyebaran covid-19 di Purbalingga.  Saya berharap, masyarakat selalu menjaga kesehatan, kebersihan, meningkatkan daya tahan tubuh serta menghindari interaksi dengan orang banyak,” tutur Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi kepada cyber media lintas24.com, Sabtu (30 Mei 2020)

Ia mengungkapkan, untuk mengurangi penyebarannya beberapa cara ditempuh pertama, menghindari kontak dengan penderita (aktifitas di luar), kedua tidak bepergian ke tempat-tempat umum, dan ketiga menerapkan pola hidup sehat (selalu cuci tangan). Sedangkan untuk pencegahannya pertama hindari kontak dengan anggota yang terkena virus, kedua jangan bepergian ke tempat-tempat ramai, hentikan bepergian yang tidak perlu, hindari berkerumun dan terapkan pola hidup sehat.

“Kemarin saat memimpin tes rapid massal di empat pasar di Kabupaten Purbalingga, Kamis (28 Mei 2020). Saya masih menemukan pedagang dan pengunjung di Pasar Hewan masih banyak yang berkerumun, bahkan berjubel. Padahal imbauan sudah sering dilakukan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pasien positiv Covid-19 di Purbalingga saat ini sudah 55 orang. Dari jumlah itu, 25 orang dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal. Sedangkan 28 orang lain masih dirawat.

“Selain itu ada 20 PDP (pasien dalam pengawasan) yang meninggal sebelum diketahui status Covid-nya,” kata

Rapid tes dilakukan di Pasar Segamas, Pasar Bobotsari dan Pasar Bukateja, di pusat penjualan buah di Jalan Jenderal Soedirman dan toko penjualan alat rumah tangga di Jalan DI Panjaitan. Terhadap orang yang diketahui reaktif, pihaknya langsung melakukan penelusuran kepada orang-orang yang melakukan kontak langsung dengan yang bersangkutan. Pihak keluarganya juga ikut ditelusuri.

 

 

 

Comment

Berita Lainnya