by

Bupati Purbalingga Apresiasi Karya Santri Ponpes Bustanul Mutaalimin Pada Acara Haul dan Santunan Massal

-Daerah, Update-dibaca 3.60Rb kali | Dibagikan 11 Kali

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, memberikan apresiasi terhadap hasil karya para santri Pondok Pesantren (Ponpes) Bustanul Muta’alimin Desa Panunggalan, Pengadegan. Menurut Bupati, langkah yang telah dilakukan Ponpes Bustanul Mutaalimin sejauh ini sejalan dengan program pemerintah untuk mencetak generasi santri yang siap untuk berwirausaha.

“Karya seperti knalpot, lampu tidur islami, peralatan dapur dari kayu dan anyaman bambu, sayuran organik, kaligrafi, keripik pangsit, bunga hias plastik dan kerajinan dari batok kelapa, Alhamdulillah luar biasa, bahkan untuk knalpot juga sudah dijual ke luar negeri. Kami program pemerintah juga ada pemberdayaan ekonomi untuk Santri. Santri tidak hanya diberi pelatihan sesuai keinginan tapi juga ada bantuan peralatan dan permodalan,”ungkapnya kepada siber lintas24.com, Senin (31 Agustus 2020).

Sejauh ini Pemerintah Kabupaten Purbalingga selalu menjalin sinergis dengan para ulama, pondok pesantren secara bertahap. Oleh karenanya, dalam kegiatan keagamaan pemerintah berupaya keras untuk memberikan sentuhan dan perhatian.

Program yang diberikan di antaranya  Bantuan Hibah untuk Ponpes rutin tiap 2 tahun sekali, bantuan operasional, hingga honor pimpinan pondok pesantren.

“Tahun 2021 Pemkab Purbalingga menganggarkan bantuan honor bagi guru atau ustadz untuk seluruh Ponpes di Purbalingga agar mereka fokus untuk mengembangkan Ponpesnya,” katanya.

Tahun 2021, Bupati memastikan ponpes Bustanul Mutaalimin akan kembali mendapatkan hibah sebesar Rp 50 juta. Bantuan tersebut diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan pondok pesantren atau pengembangan ekonomi santri.

Editor : Rizky Riawan Nursatria

Comment

Berita Lainnya