Bupati Minta Camat Kawal Penyaluran Air Bersih

By: On: Dibaca: dibaca 95.46Rbx
Bupati Minta Camat Kawal Penyaluran Air Bersih

IMG_0675

Memasuki musim kemarau penggunaan air bersih di berbagai wilayah mengalami kekurangan, begitu juga di Purbalingga, saat ini banyak desa-desa yang mengajukan permintaan air bersih ke Pemkab.

Untuk itu, saya minta camat agar mengawal jalanya penyaluran air bersih sampai ketingkat desa yang mengalami ancaman kekeringan. Manfaatkan bantuan air bersih ini sesuai dengan peruntukkannya, pinta Penjabat Bupati Purbalingga Budi Wibowo usai menyerahkan Corporate Social Responsbility (CSR) BRI Peduli di Kecamatan Kejobong, Rabu (9/9).

Saat ini kata Budi, berbagai upaya dari berbagai pihak membantu masyarakat yang mengalami ancaman kekeringaan mulai dari pemkab, BUMD maupun BUMN yang ada di Purbalingga.

Saya merasa senang, karena banyak perusahaan atau BUMD dan BUMN di Purbalingga yang peduli terhadap masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih dengan menyalurkan dana CSRnya,tuturnya.

Menurut Budi dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan sosial dan lingkungan perseroan terbatas diatur mengenai tanggung jawa sosial.

Dalam Undang-Undang tersebut, diatur mengenai tanggung jawab sosial yang bertujuan mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat bagi perseroan itu sendiri atau komunitas serta masyarakat umumnya,jelasnya.

Budi menjelaskan, saat ini pemerintah provinsi Jawa tengah tengah disusun peraturan daerah (perda) tanggung jawab sosial lingkungan perusaaan (TJSLP).

Kalau perda ini turun, dunia usaha mempunyai payung hukum untuk bisa mengimplementasikan CSRnya dibeberapa kegiatan yang mendukung program didaerah yang tidak dibiayai dari APBN maupun APBD,terangnya.

Untuk itu, tandas Budi, sampai dengan saat ini berbagai bantuan penyaluran air bersih baik dari BUMD maupun pemkab sudah tersalurkan.

Pengiriman air bersih sampai dengan 8 September sebanyak 773 tangki untuk 11 kecamatan dan 37 desa. Bantuan dari Bakorwil sebanyak 108 tangki, dari pemkab Purbalingga 610 tangki dan dari Perum Pegadaian Purbalingga sebanyak 55 tangki. Terakhir dari Bank Jateng membantu Rp 10 juta. Untuk itu, saya apresiasi dan ucapkan terima kasih atas kepedulian serta bantuannya untuk meringankan saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita,tandasnya.

Camat Kejobong, Suwardi saat memberikan sambutan menuturkan, pihaknya merasa terbantu atas kepedulian berbagai pihak. Sedangkan bantuan CSR dari BRI Peduli yang baru saja diserahkan sebanyak 100 tangki untuk tiga kecamatan.

Bantuan air bersih tersebut untuk tiga kecamatan yang mengalami kekeringan, yaitu Kecamatan Kejobong, Pengadegan dan Kaligondang. Untuk Kejobong mendapatkan 40 tangki, Pengadegan dan Kaligondang masing-masing 30 tangki,tuturnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!