Bulan Juli 2018, Purbalingga Jadi Tuan rumah PIRN XVII

By: On: Dibaca: 70,774x
Bulan Juli 2018, Purbalingga Jadi Tuan rumah PIRN XVII

 

Kabupaten Purbalingga siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke XVII yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 8 – 15 Juli mendatang.

Hal itu diungkapkan Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon saat menerima audiensi perwakilan LIPI, di Ruang Kerja Wakil Bupati, Selasa (26/6).

“Kami berterima kasih telah dipilih menjadi tuan rumah PIRN. Dan kami sudah siap baik menyangkut anggaran maupun kesiapan pendukung lainnya,” ujar Plt Bupati Tiwi  dihadapan rombongan pejabat LIPI yang dipimpin oleh Plt Sekretaris Utama LIPI Nur Tri Aries Suestiningtyas, S.IP, MA.

Dikatakan Plt Bupati Tiwi, menjadi tuan rumah ajang PIRN tingkat nasional merupakan kebanggaan bagi Purbalingga karena selain dapat menjadi ajang pembinaan generasi muda juga dapat dijadikan wahana promosi potensi daerah kepada seluruh perwakilan peserta PIRN se Indonesia. Selain menyiapkan sejumlah lokus penelitian bagi peserta PIRN yang terdiri dari siswa SMA, MTs, SMA, SMK, MA juga siap menyajikan destinasi wisata yang bakal dikunjungi peserta PIRN.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara LIPI dengan Pemkab Purbalingga tentang Penelitian , Pengembangan, Pemanfaatan Hasil Hasil Penelitian dan Pembinaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Kesepakatan bersama itu ditandatangani oleh Kepala LIPI Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc dengan Pelaksana Tugas Bupati Purbalingga Dyah hayuning Pratiwi, SE, BEcon.

Selain itu juga ditandatangani Perjanjian Kerjasama antara Biro Kerjasama, Hukum dan Hubungan Masyarakat LIPI dengan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) kabupaten Purbalingga tentang Penyelenggaraan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional  XVII tahun 2018. Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Nur Tri Aries Suestiningtyas dan Kepala Bapelitbangda Yani Sutrisno Udi Nugroho, MSi.

Plt Sekretaris Utama LIPI yang juga Kepala Biro Kerjasama, Hukum dan Hubungan Masyarakat, Nur Tri Aries menjelaskan, kegiatan perkemahan remaja tingkat nasional akan diselenggarakan mulai 8 – 15 Juli 2018 di Kabupaten Purbalingga. Ajang tahunan yang digelar LIPI, akan diikuti 600 peserta terdiri dari 450 siswa dan 150 guru. Pada tahun ini, peserta terdiri dari SMP, MTs, SMA, SMK, MA dan sederajat. Tiap sekolah mengirim 3 siswa dan 1 guru sebagai peserta.

“Ini ajang yang sangat baik untuk mempromosikan Purbalingga, Membangun nasionalisme antara daerah, juga meningkatkan kreatifitas remaja seluruh Indonesia bersama putra-putri terbaik dari Purbalingga,” katanya.

Kegiatan dalam PIRN XVII berupa pembimbingan menulis karya tulis ilmiah, materi metodologi penelitian dalam kelas di bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), teknik (IPA-Tek), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan pelatihan penelitian di lapangan.

“Kegiatan utamanya adalah bagaimana melatih seluruh putra-putri terbaik Indonesia untuk melakukan penelitian dengan konteks permasalahan lokal di kabupaten Purbalingga. Tahun ini akan ada juga kegiatan tambahan seperti  inspirational talk, juga workshop bagi guru pembimbing,” jelas Nur Tri.

Hasil kegiatan penelitian berupa karya tulis, lanjut wanita asli Purbalingga ini, akan dipersembahkan untuk pemerintah daerah. Bagi peserta tentu akan menambah percaya diri untuk bersaing didunia internasional. Ditambahkan Nur Tri, para peserta sudah akan sampai di Purbalingga antara tanggal 7 dan 8 Juli. Pembukaanya dilangsungkan pada 9 Juli 2018.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!