Bripka Widodo Aprianto, ST – Jamnas Mimpi Besar Pramuka Penggalang

By: On: Dibaca: dibaca 163.53Rbx
Bripka Widodo Aprianto, ST – Jamnas Mimpi Besar Pramuka Penggalang

 

Ancu Saka Kwarcab Pramuka Purbalingga

 

Dodo

 

Membentuk pribadi dan karakter mandiri anggota Pramuka dapat dilakukan melalui kegiatan perkemahan.Dalam kegiatan ini akan terbentuk jiwa  anggota Pramuka yang tangguh, tidak cepat putus asa, kedisiplinan, dan kematangan emosional.

Hal tersebut diungkapkan oleh Andalan Cabang Urusan Satuan Karya (Ancu Saka) Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Purbalingga, Bripka Widodo Aprianto, ST kepada elemen dan lintas24.com di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur, Sabtu (13 Agustus 2016)

Dikatakan Dodo, dalam perkemahan, semua kegiatan baik kegiatan pribadi maupun kegiatan kelompok/ regu harus dikelola dan dilakukan oleh pribadi dan regu masing-masing.

“Ini merupakan bentuk nyata dari penciptaan kemandirian,”ungkapnya saat mendampingi Kontingen Purbalingga dalam Jambore Nasional (Jamnas) X tahun 2016.

Dodo menambahkan, kecerdasan sosial pun terbentuk dalam kegiatan perkemahan. Dalam Gerakan Pramuka dikenal dengan satuan regu yang terdiri dari sekurang-kurangnya 10 orang Pramuka. Ketika program perkemahan diselenggarakan, kelompok dalam satu regu akan berinteraksi untuk mengengelola dan mempersiapkan perkemahan.

“Sikap saling menghormati antar sesama pramuka, sikap saling menghargai, dan sikap peduli atau empati akan teruji dalam kelompok ini,”ungkap pria kelahiran 20 April 1980 ini.

Dodo mengakui, semua anggota Pramuka Penggalang pasti memimpikan terpilih untuk menjadi wakil kontingen dalam Jamnas. Karena apa, Jamnas ini merupakan kegiatan bergengsi untuk para Pramuka. Jamnas kali ini, sebagaimana Jamnas sebelumnya, diharapkan dapat menjadi “potret Indonesia” yang sebenarnya. Beginilah sesungguhnya masyarakat Indonesia yang majemuk, berbeda-beda, tetapi satu tujuan.

Seperti juga tujuan Jamnas yang sekaligus merupakan tujuan Gerakan Pramuka yaitu membentuk kaum muda yang berkarakter positif, manusia Pancasilais yang selalu bertakwa kepada Tuhan YME, setia kepada negara dan bangsa, siap menolong mereka yang membutuhkan, dan siap serta ikut membangun masyarakat.

“Bayangkan, ada puluhan ribu anggota Pramuka berkumpul dengan adat istiadat yang berbeda, disana kita bisa merasakan betapa hebatnya Indonesia tanah air tercinta,”ungkap pria lulusan SMP Negeri 3 dan STM YPT 1 Purbalingga.

Dodo mengingatkan, betapa pentingnya pendidikan karakter melalui gerakan Pramuka. Pasalnya, Pramuka sebagai salah satu organisasi pendidikan luar sekolah maupun Perguruan Tinggi mampu membina, mengembangkan dan mencetak generasi-generasi andalan yang tanggu, pantang menyerah, kreatif, mandiri, disiplin dan mempunyai tanggung jawab terhadap keberlangsungan tatanan kehidupan yang utuh sesuai dengan nilai-nilai luhur pancasila

“Mewajibkan ektrakurikuler Pramuka dapat mewujudkan pendidikan berkarakter cerdas sebagai pengamalan Dasa Darma Pramuka,”ungkapnya.(mahendra yudhi krisnha)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!