Bripka Desi Mutiara Putri – Silahkan Kunjungi Unit Dikyasa

By: On: Dibaca: 164,276x
Bripka Desi Mutiara Putri – Silahkan Kunjungi Unit Dikyasa

Menumbuhkan kesadaran dan menjaga keselamatan dalam berlalu lintas bagi Brigadir Kepala (Bripka) Desi Mutiara Putri, merupakan salah satu tugas dan kewajiban sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia.

Dalam menjalankan tugasnya, Bripka Desi tergabung dalam Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purbalingga.

Tupoksinya diantaranya, memberikan pencerahan kepada masyarakat mengenai tertib lalu lintas yang di dalamnya ada pengetahuan mengenai rambu-rambu.

Berbagai kegiatan dilakukan unit ini, di antaranya mengunjungi langsung elemen masyarakat yang sehari-harinya bergelut dengan kendaraan seperti tukang ojek, sopir bahkan kelompok pelajar dari mulai TK hingga mahasiswa.

Bripka Desi sudah lebih dari 461 SD Negeri di Purbalingga pernah dikunjungi untuk mengenalkan tatib lalu lintas kepada anak dan menanamkan kedisiplinan lebih dini.

“Unit Dikyasa memiliki program Polisi Sahabat Anak. Di program ini anak dikenalkan dengan berbagai aturan lalu lintas sederhana,”ungkap Bripka Desi kepada elemen dan lintas24.com.

Di program Polisi Sahabat Anak lanjut Bripka Desi, anak-anak juga diajak untuk mengenal lebih dekat polisi. Hal itu untuk menghilangkan kesan di mata anak-anak yang selama ini cukup membebani pihak kepolisian, yakni polisi itu menakutkan dan menyeramkan.

Sementara itu, untuk membidik kalangan pelajar, mahasiswa dan Santri polisi menggelar program “Police Go to School” , “Police Go to Campus” dan “Police Go to Pesantren”.

Dalam program ini Unit Dikyasa secara rutin mendatangi sekolah-sekolah yang berada di Kabupaten Purbalingga untuk memberikan sosialisasi tentang keselamatan berkendaraan.

“Tujuannya agar mereka lebih mengetahui tentang rambu-rambu lalu lintas. Mereka juga mematuhi aturan berlalu lintas di antaranya membawa kelengkapan kendaraan, seperti STNK dan SIM. Belum memiliki SIM dilarang membawa kendaraan,” tegasnya.

Selain itu, Unit Dikyasa juga membina anggota Pramuka Saka Bhayangkara dan Patroli Keamanan Sekolah. Di kedua kegiatan inilah para siswa baik SMP dan SMA dilatih tentang rambu-rambu lalu lintas, juga tentang cara mengatur lalu lintas.

“Selain itu, Unit Dikyasa Polres tidak bosan-bosannya memberikan sosialisasi tentang “safety riding” terhadap masyarakat,”ungkapnya.

Bripka Desi menegaskan, semua program dan kegiatan tersebut digelar dengan tujuan agar masyarakat tenang dan nyaman.Untuk itu diharapkan masyarakat juga mau berperan mendukung program-progam Polri.

Dengan sosialisasi yang gencar dilaksanakan tersebut berdampak terhadap berkurangnya angka kecelakaan lalu lintas, khususnya di Kabupaten Purbalingga.

“Silahkan kunjungi dan segera melapor ke Unit Dikyasa Polres Purbalingga, apabila masyarakat menemui keluhan tentang lalulintas,”pesan Bripka Desi.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!