BPCB  Hentikan Penggalian Situs yang Diduga Candi Kuno di Brebes

By: On: Dibaca: dibaca 24.84Rbx
BPCB  Hentikan Penggalian Situs yang Diduga Candi Kuno di Brebes

 

Pasca kunjungan petugas dari Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB). Aktivitas penggalian atau ekskavasi di lokasi yang diduga situs candi di Dukuh Kalipucung, Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes dihentikan.

“Sementara dihentikan Kami pun sudah memasang papan pemberitahuan. Hal tersebut sebagai upaya untuk menjaga kondisi fisik situs.,” kata Muhajir Sekretaris Desa setempat, , Senin (22 Juli 2019).

Papan pengumuman tersebut, terlihat dipasang di pohon area penemuan. Hal tersebut juga untuk menunggu perijinan dari pihak terkait. “Kita diinstruksikan baik dari BPCB, Perhutani dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes untuk dihentikan sambil menunggu izin turun. Karena bagaimanapun itu area milik Perhutani,” terangnya.

Meski begitu, Muhajir tidak mengetahui sampai kapan waktu penghentian penggalian. Hanya saja warga dan pihaknya diminta untuk menjaga arca dan lainnya yang ada di situs.

Penghentian dilakukan sesuai dengan pernyataan dari perwakilan BPCB Harun Alrosyid. Ia beralasan penghentian untuk menjaga kondisi saat awal penemuan. Sehingga ia pun meminta kepada warga agar sementara menghentikan aktivitas penggalian.

“Saya mengapresiasi niat baik warga untuk melestarikan budaya kita. Namun kami mengimbau agar aktivitas penggalian sementara dihentikan. Demi menjaga kondisi bangunan,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga Desa Galuhtimur menemukan sebuah bangunan mirip sumur dan juga sebuah arca atau patung diduga Dwarapala. Patung tersebut merupakan patung penjaga candi.

Lokasi penemuan terletak di selatan atau kanan situs yang telah lama dikenal warga sebagai Gagang Golok. Hal tersebut dikuatkan dengan sejumlah patok bertuliskan CB (cagar budaya) milik Perhutani.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!