BPBD Purbalingga dan Partisipasi Masyarakat Sudah Distribusikan Air Bersih ke 92 Desa

By: On: Dibaca: 40,946x
BPBD Purbalingga dan Partisipasi Masyarakat Sudah Distribusikan Air Bersih ke 92 Desa

Baca Juga: Mahasiswa Fakultas Hukum Unsoed Purwokerto Implementasikan Nilai Juang Jenderal Soedirman

Baca Juga: Asah Kepekaan Sosial, Siswa SD Negeri 1 Purbalingga Lor  Salurkan Air Bersih Ke Daerah Rawan Kekeringan

Baca Juga: Alumni SMEA Negeri Pemalang Tahun 1988 Sumbang Air Bersih

Terdapat sebanyak 92 desa di 15 kecamatan di Kabupaten Purbalingga yang terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih selama musim kemarau panjang tahun ini.

Baca Juga: Memperingati HUT, SMA Negeri 1 Bobotsari Distribusikan Air Bersih Ke Desa Rawan Kekeringan

Kasi Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Purbalingga, Muhsoni mengungkapkan, sampai dengan 3 Oktober 2019, tercatat sudah terkirim air 2.741 tangki ke 92 desa.

“Itu terhitung selama 101 hari. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya musim kemarau tahun ini relative panjang bukti dari itu sampai hari kemarin,” kata Soni kepada cyber media lintas24.com Minggu (6 Oktober 2019).

Soni menjelaskan, tahun 2018 lalu, BPBD Purbalingga telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 3.018 tangki. Menurutnya, dalam rangka penanganan kekeringan pada tahun ini BPBD Purbalingga mendapatkan bantuan dari berbagai instansi dan komunitas yang ada di Purbalingga.

“Untuk kekeringan tahun ini karena lebih dikenal oleh masyarakat sehingga banyak dari masyarakat yang peduli dengan bencana kekeringan. Ada partisipasi dari komunitas, sampai hari ini CSR dari komunitas dan instansi ini lumayan banyak ada 1.054 tangki termasuk di dalamnya ada OPD yang ada di Purbalingga,” jelasnya.

Ia menjelaskan selama ini Purbalingga selalu berada di urutan tertinggi untuk pendistribusian air bersih. Sehingga dibutuhkan penanganan yang permanen untuk menangani kekeringan bersama dengan OPD terkait.

“Contohnya dengan pembuatan embung, pembuatan sumur, pamsimas yang selama ini kurang maksimal ke depan diupayakan dimaksimalkan itu, kemarin sudah kita rapatkan secara bersama OPD terkait pengelolaan Pamsimas,” pungkas Soni.

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!