Bocah 4 Tahun Disiksa Pengasuhnya

By: On: Dibaca: 105,381x
Bocah 4 Tahun Disiksa Pengasuhnya

Tina di Mapolres Cilacap

CILACAP – PH alias Tina (39), warga Jalan Lesanpura, Kelurahan Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas, harus berurusan dengan polisi. Pasalnya, dia diketahui menyiksa anak asuhnya, MF (4), hingga mengalami luka di sekujur tubuhnya. Aksi penyiksaan tersebut terbongkar setelah ibu kandung bocah itu pulang dari bekerja di luar kota.

Kini Tina diamankan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Cilacap.

Kapolres Cilacap AKBP Ulung Sampurna Jaya melalui Kasat Reskrim AKP Agus Sulistianto mengatakan, Tina yang tinggal di sebuah kost-kostan di Jalan Rinjani, Kelurahan Sidanegara itu, sebelumnya dititipi seorang anak bernama Muhammad Faouzi alias Tole (4) oleh ibu kandungnya, Resti Istiyanti (25), warga Desa Sumber Fajar, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung, yang bekerja di luar kota.

“Kita mendapat laporan dari Resti jika pengasuh anaknya telah melakukan kekerasan. Setelah kita selidiki, pelaku kemudian kita amankan untuk diperiksa,” kata AKP Agus, Rabu (21/10).

Kekerasan fisik yang dilakukan Tina kepada Faouzi dilakukan sejak Agustus lalu. Saat itu, Faouzi yang hendak ditinggal kerja keluar kota dititipkan kepada tersangka Tina yang kebetulan tetangga kost Resti.

Tina dijanjikan bayaran Rp 1,5 juta tiap bulan. Pada awal mengasuh,
Tina memperlakukan Faouzi sebagaimana layaknya anak sendiri. Selain dijaga agar tidak berkeliaran, Faouzi juga dimandikan dan diberi makan setiap hari.

Namun, setelah beberapa hari mengasuh, Faouzi ternyata sering membuat kesal Tina. Sebab, selain sering tidak menghiraukan perkataan Tina, Faouzi sering nakal dan susah jika disuruh mandi.

“Bahkan, anak tersebut sering pipis di celana. Hal inilah yang membuat Tina kalap dan melakukan kekerasan fisik,” imbuh AKP Agus.

Pelaku sering menjewer telinga, mencubit pipi, dan me-nylentik telinga Faouzi. “Bahkan, beberapa kali diketahui jika Tina juga memukulinya. Ibu kandung Faouzi, Resti, yang tak terima dengan perlakuan kasar Tina, akhirnya melaporkan ke kita,” kata AKP Agus.

Ditambahkan, akibat kekerasan fisik yang dialami Faouzi, bocah malang itu harus menderita luka-luka di sekujur tubuhnya. Luka-luka tersebut di antaranya terdapat pada bagian muka, leher, bahu bagian belakang, dada, dan kemaluan, serta bagian paha kanan dan kiri, dan perut dalam keadaan lebam.

Diduga, kekerasan terhadap anak tersebut dilakukan di rumah kost Tina di Jalan Rinjani, Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah.

“Saat ini tersangka masih kita periksa secara intensif. Kita juga masih mengumpulkan barang bukti,” ucap AKP Agus.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Tina masih diamankan di Mapolres Cilacap. Dia bakal dijerat Pasal 80 (2) Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 3 tahun 6 bulan, atau denda paling banyak Rp 72 juta.

Untuk itu, guna menghindari kejadian serupa terulang, AKP Agus mengimbau kepada para orangtua agar hati-hati dan lebih selektif saat mencari orang untuk mengasuh anaknya.

“Selain itu, sang ibu juga harus terus memantau keberadaan anaknya, baik dengan meminta informasi dari tetangga maupun pengasuhnya,” pungkasnya. (estanto)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!