BKM Citra Mandiri Kalikabong Olah Sampah 3R

By: On: Dibaca: dibaca 115.48Rbx
BKM Citra Mandiri Kalikabong Olah Sampah 3R

Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Citra Mandiri Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga mulai menerapkan pengolahan sampah Reduce, Reuse, Recycle  (3R).

Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) seluas 200 meter persegi ini dapat menjadi solusi dalam mengatasi persoalan sampah dan dampak yang ditimbulkannya. Melalui TPS3R ini, tidak hanya persoalan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah yang dapat dikurangi, namun juga dihasilkan produk-produk yang bernilai ekonomis dari sampah yang diolah tersebut.

Ketua BKM Citra Mandiri, Eko Fajar Iman menuturkan, Teknologi  TPS3R merupakan sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. Nantinya, hasil pengolahan sampah organik berupa kompos dapat digunakan untuk pupuk tanaman.

“Di Kelurahan Kalikabong terdapat 5 RW dan 30 RT. Tahap pertama, kami mengolah sampah dari setangah jumlah RT. Targetnya, dalam satu hari kami dapat mengolah sampah sebanyak 5-8 gerobak,” tutur Eko kepada cyber media lintas24, Kamis (7 Nopember 2019)

Ia menambahkan, edukasi pemilahan sampah sangat penting untuk dilakukan, karena dengan adanya edukasi tentang sampah, nantinya masyarakat akan mengetahui dampak yang ditimbulkan dari sampah. Selain itu, pemberian edukasi tentang pengolahan atau alternatif sampah yang diberikan juga tak kalah penting karena akan membuka wawasan warga untuk mengerti bagaimana membedakan sampah yang memiliki nilai jual.

“Dari uji coba kemarin, sampah organik yang berhasil dipilah hanya sebanyak 2 gerobak dari 5 gerobak yang kami terima. Itu artinya, sebanyak 3 gerobak adalah sampah plastik anorganik. Idealnya, sampah anorganik lebih sedikit dibandingkan sampah organik,” tuturnya

Untuk diketahui, masyarakat Purbalingga, setiap harinya memproduksi sampah sebanyak 136 ton. Hal itu disebabkan pengelolaan belum maksimal, masih banyak sampah yang harus diangkut ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Hingga saat ini di Purbalingga sudah ada 6 TPS 3R. Jumlah itu dinilai masih kurang. Terlebih TPS 3R yang ada, pengelolaannya belum maksimal.

Pelaksanaan TPS 3R yang dimaksud adalah Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!